Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan matematika. Memahami matematika adalah hal yang dibutuhkan mulai dari kecil hingga dewasa. Akan tetapi kebanyakan orang membutuhkan bantuan ekstra untuk memahami beberapa metode matematika. Untungnya ada banyak cara untuk melakukannya, salah satunya menggunakan aplikasi matematika untuk PC.

Aplikasi matematika ini dapat meningkatkan dan membantu mengatasi sebagian besar masalah matematika dengan sedikit usaha. Komputer dibuat salah satunya untuk menjawab masalah matematika dan menghitung dengan cara yang lebih cepat. Dengan menggunakan aplikasi matematika belajar akan jadi lebih mudah. Inilah beberapa aplikasi matematika yang bisa digunakan.

1. Microsoft Mathematics

Microsoft mathematics merupakan aplikasi matematika untuk PC yang gratis dan open source yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini adalah alat penting bagi mereka yang berkutat dengan masalah matematika.

Perangkat lunak ini cepat dan gratis serta bisa memecahkan masalah matematika paling rumit dengan cara yang mudah. Microsoft mathematics memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika, sains, dan mata pelajaran teknis lainnya.

Aplikasi ini mempunyai kalkulator grafik dan pengonversi satuan. Bersamaan dengan itu, perangkat lunak ini juga mempunyai persamaan dan triangle solver yang memberikan solusi dalam beberapa langkah.

Siswa bisa mengunduh alat ini secara gratis dari situs web Microsoft. Aplikasi ini bisa dijalankan di berbagai platform seperti Windows, iOS, Android. Unduh Microsoft Mathematics.

2. Geogebra

Aplikasi matematika untuk PC ini dianggap sebagai perangkat lunak matematika dinamis, yang dirancang untuk semua standar matematika. Aplikasi ini bisa digunakan baik oleh pemula maupun yang ahli.

Geogebra menggabungkan aljabar, geometri, spreadsheet, grafik, statistik dan analisis, kalkulus dalam satu paket yang mudah digunakan. Alat ini sangat populer di kalangan siswa yang menghadapi masalah dalam menyelesaikan berbagai masalah matematika.

Aplikasi matematika geogebra tersedia secara luas di beragam platform seperti Windows, macOS, Linux, Android. Geogebra lahir dari tangan Markus Hohenwarter. Dia memulai proyek ini pada tahun 2001 sebagai tesis masternya. Unduh Geogebra.

3. Learning Point

Aplikasi matematika untuk Windows 10 dan 8 ini tidak mengenal batasan dalam hal sains dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Pada dasarnya jika ada angka, aplikasi all-in-one ini akan menyelesaikannya.

Beragam topik beragam di aplikasi ini dipecah menjadi sains, matematika, ilmu komputer, dan sejarah. Untuk matematika, aplikasi ini memecahnya kembali menjadi bagian-bagian yang umum ditemui. Video yang ada di tiap bagian dibuat sebagai sumber untuk belajar secara didaktik.

Aplikasi matematika untuk PC ini merupakan cara yang bagus untuk belajar jika kamu tidak mengerti atau ketinggalan materi di kelas. Situs web dan unduh Learning Point.

4. Free Universal Algebra

Bagi mereka yang berjuang untuk bisa memahami dan memecahkan soal aljabar, Free Universal Algebra yang gratis ini merupakan sebuah anugerah. Kamu bisa mendapatkan panduan langkah demi langkah tentang persamaan aljabar kompleks yang bervariasi.

Misalnya saja logaritmik, yang memiliki nilai absolut, rasio, irasional, dengan parameter atau eksponensial. Program gratis ini mencakup semua masalah aljabar. Kamu akan mendapatkan panduan lengkap untuk semua tingkat kompleksitas penjelasan verbal dan tertulis.

Aplikasi ini sangat cocok untuk sekolah dan siswa tahun pertama maupun mereka siswa yang belajar di rumah. Unduh Free Universal Algebra.

5. SpeQ Mathematics

SpeQ merupakan program matematika yang kecil namun ekstensif dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif. Semua perhitungan dimasukkan dalam satu lembar. SpeQ merupakan perangkat lunak gratis yang memiliki dukungan tertanam untuk fungsi matematika, konstanta, dan variabel.

Aplikasi ini membantu kamu menentukan variabel dan fungsi khusus untuk membantumu memecahkan masalah trigonometri. Selain itu, perangkat ini juga, berguna untuk menghitung ekspresi dengan operasi aritmatika, implikasi, logis dan bitwise.

SpeQ Mathematics memiliki sekitar 60 fungsi bawaan untuk analisis, aritmatika, bilangan kompleks, hiperbolik, bilangan bulat, logika, probabilitas, sistem angka, statistik, serta trigonometri. Unduh SpeQ Mathematics.

6. Math Mechanixs

Math Mechanixs merupakan aplikasi matematika untuk PC lainnya yang bisa jadi pilihan. Aplikasi gratis ini ditargetkan untuk mereka yang tertarik dengan studi matematika maupun fisika tingkat lanjut.

Program ini bekerja layaknya Editor Matematika yang memungkinkan kamu mengetikkan interpretasi matematika seperti kamu akan menuliskannya di selembar kertas. Antarmuka beberapa dokumen aplikasi memungkinkanmu mengerjakan beberapa solusi berbeda di waktu yang bersamaan.

Lacak fungsi dan variabel yang ditentukan secara nyaman menggunakan kalkulator ilmiah yang dilengkapi dengan fitur yang mencakup jendela yang sangat bermanfaat dengan fungsi dan variabel terintegrasi.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu menghasilkan diagram matematika 2D serta 3D yang bagus sekali. Kamu bisa memberi label titik data, menerjemahkan grafik, memperbesar atau memutar grafik sesuai kebutuhanmu. Unduh Math Mechanixs.

7. Math Editor

Kalau kamu mengalami masalah dalam memecahkan persamaan matematika, gunakan Math Editor. Aplikasi matematika ini merupakan adalah solusi sempurna untuk mahasiswa yang menghadapi masalah dalam persamaan matematika.

Perangkat lunak ini membantumu membentuk persamaan di layar dengan menggunakan simbol Yunani, alfa, beta, akar kuadrat, dan simbol lainnya dengan cepat dan mudah. Kamu juga bisa mengedit dan menyimpan persamaan secara real-time.

Aplikasi matematika gratis ini merupakan salah satu perangkat lunak matematika tingkat lanjut yang paling ramah untuk siswa. Ini memungkinkan kamu untuk menyimpan persamaan dalam bentuk file gambar yang dapat digunakan di dokumen MS office, web, dan paint.

Oleh karena itu, bila kamu memerlukan bantuan setiap saat maka aplikasi ini bisa menjadi berkah untukmu. Kamu hanya perlu membaca instruksi dan kamu siap untuk menyelesaikan soal matematika terberat yang kamu miliki. Unduh Math Editor.

8. Maxima

Maxima merupakan salah satu aplikasi matematika untuk PC gratis yang dibuat oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Perangkat lunak ini membantu dalam memecahkan masalah aljabar melalui komputer.

Aplikasi Maxima digunakan untuk manipulasi ekspresi simbolik dan numerik seperti diferensiasi, transformasi Laplace, integrasi, persamaan diferensial biasa, sistem persamaan linier, deret Taylor, matriks, polinomial, vektor, dan tensor.

Maxima memberikan hasil terbaik dan sempurna dengan menggunakan pecahan akurat, presisi sewenang-wenang, bilangan bulat, dan angka floating-point presisi variabel. Aplikasi ini bisa digunakan pada komputer dengan Lisp dan di semua platform POSIX yaitu, Linux, Unix, OS X, dan BSD.

Gnuplot digunakan untuk menggambar. Maxima menggunakan bahasa pemrograman lengkap dan memiliki sintaks seperti ALGOL tetapi semantik seperti Lisp. Perangkat lunak ini adalah CAS lengkap (sistem aljabar komputer) dan dapat digunakan untuk operasi simbolik.

Maxima juga bisa memecahkan masalah numerik juga. Aplikasi ini harus terhubung dengan internet agar bisa berfungsi. Unduh Maxima.

9. QMentat

Pelajari dan praktekkan matematika mental dengan mudah dengan QMentat yang merupakan aplikasi matematika untuk PC gratis yang dirancang untuk membantumu dengan semua soal matematika mental yang dapat melelahkan pikiran.

Dengan bantuan dari QMentat tidak perlukan lagi pensil, kalkulator, atau pena. Asah keterampilan matematika mental menggunakan program ini yang menjalankan berbagai jenis fungsi matematika seperti, pembagian, perkalian, penjumlahan, akar, pengurangan, dan pangkat.

Program gratis ini menggunakan aritmatika titik tetap dengan panjang arbitrer yang dapat mengelola jumlah tak terbatas dan hanya dapat dibatasi oleh ukuran layarmu. Unduh QMentat.

10. TuxMath

TuxMath merupakan genre yang berbeda sama sekali dengan aplikasi matematika yang lain. Aplikasi ini membuat pembelajaran matematika menjadi menyenangkan dengan fungsionalitas permainannya. Aplikasi ini adalah perangkat lunak pembelajaran matematika open source dan gratis.

Program ini diperuntukan untuk anak-anak yang membantu mereka mempelajari mental aritmatika dengan bermain-main dengan batu bulan terbang yang pada kenyataannya adalah perkalian ruang, pembagian, dan pengurangan.

Mereka harus menemukan jawaban dan menghancurkannya. Perangkat lunak permainan matematika ini dikembangkan untuk anak-anak berusia antara 7-13 tahun dan memberikan sejumlah misi yang membutuhkan perhitungan.

Semakin tinggi level siswa, soal akan semakin sulit dan berakhir dengan soal matematika yang benar-benar kompleks, seperti membagi bilangan negatif. Modus lanjutan memberikan soal pecahan dalam bentuk asteroid yang perlu dihancurkan dengan mencari penyebut yang sama. Unduh Tuxtmath.

Belajar matematika bagi sebagian orang bisa begitu memusingkan karena sangat sulit untuk dipahami. Untungnya kecanggihan teknologi membantu mereka untuk bisa belajar dan memahami matematika dengan lebih mudah. Kemunculan aplikasi matematika untuk PC membuat belajar matematika jadi terasa lebih mudah.

Beberapa aplikasi matematika ini ada yang khusus untuk siswa tingkat dasar ada juga yang diperuntukkan untuk mahasiswa. Mau soal matematika yang mudah atau yang kompleks sekalipun, semuanya bisa dibantu oleh aplikasi matematika ini. Jika ingin mencoba yang lebih seru, coba mainkan saja salah satu game matematika Android.