Rasanya hampir semua generasi 90-an pernah menonton kisah heroik dari para pahlawan super yang bernama Power Rangers yang begitu populer dan terkenal pada masa tersebut. Tayangan televisi dari Amerika Serikat tersebut sebenarnya merupakan hasil adaptasi dari serial TV Jepang yang dikenal dengan sebutan Super Sentai.

Serial TV Power Rangers pertama kali ditayangkan pada tanggal 28 Agustus 1993 dan masih berlanjut sampai sekarang. Hingga saat ini, cerita Power Rangers telah menghasilkan 26 season dan tiga film layar lebar dari tahun 1995, 1997 dan 2017.

Tidak hanya diangkat ke dalam serial TV dan film bioskop saja, Power Rangers juga sejak pertama kali ditayangkan telah mencoba peruntungan di industri video game. Game pahlawan super ini kemudian hadir menghiasi berbagai macam platform gaming, seperti Sega, Nintendo, Game Boy, PlayStation, Xbox, Microsoft Windows (PC), hingga ke smartphone Android dan iOS.

Nah, berikut ini Carisinyal akan memberikan kumpulan video game dari Power Rangers yang pernah rilis dari masa ke masa. Jika kamu penasaran dengan semua daftar gamenya, langsung sajak simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya.

1. Mighty Morphin Power Rangers (1994)

Mighty Morphin Power Rangers

* sumber: gamefaqs.gamespot.com

Mighty Morphin Power Rangers dirilis pada tahun 1994 ke dalam lima platform video game berbeda, yaitu Sega Genesis, Super Nintendo, Game Boy, Game Gear dan Sega CD. Versi Nintendo diterbitkan oleh Bandai, dan sedangkan versi Sega dirilis oleh perusahaan Sega itu sendiri.

Game ini merupakan sebuah permainan berkonsep pertarungan satu lawan satu dengan menampilkan dua pilihan permainan, yakni mode skenario dan mode pertarungan. Dalam mode skenario, pemain akan terus berjalan melawan serangkaian lawan yang dikendalikan oleh CPU, sedangkan mode pertarungan disediakan untuk pertarungan dua pemain.

Selama bermain di mode skenario, pemain akan berperan sebagai salah satu Rangers dan bertarung dengan monster-monster hingga akhirnya akan melawan monster yang lebih besar. Untuk versi permainan di konsol Sega Genesis dan Game Gear, pemain dapat memilih karakter Green Ranger beserta robotnya yang bernama Dragonzord.

Platform: Sega Genesis, Super Nintendo Entertainment System, Game Boy, Game Gear, dan Sega CD

2. Mighty Morphin Power Rangers: The Fighting Edition (1995)

Mighty Morphin Power Rangers The Fighting Edition

* sumber: medium.com

Dalam permainan ini pemain tidak berperan sebagai Rangers, melainkan akan mengendalikan robot raksasa dari mereka yang dikenal dengan sebutan Zords. Game ini merupakan permainan berbasis fighting dengan grafis 2D yang didasarkan pada serial televisi Mighty Morphin Power Rangers.

Sama seperti halnya game berbasis pertarungan kompetitif, pemain akan berada di battle arena dan mesti mengalahkan lawan di setiap rondenya. Dalam permainan ini, pemain memiliki empat tombol serangan dasar dengan dua tombol sebagai pukulan dan dua tombol lainnya untuk mengeluarkan senjata. Game ini memiliki tiga pilihan permainan, yakni Story Mode, Fighting Mode dan Trial Mode.

Platform: Super Nintendo Entertainment System

3. Power Rangers Lightspeed Rescue (2000)

Power Rangers Lightspeed Rescue

* sumber: akizukisentai.blogspot.com

Jalan cerita dalam game ini didasarkan pada season ke-8 dari serial televisi Power Rangers: Lightspeed Rescue. Permainan ini sendiri diproduksi dan diterbitkan ke dalam empat konsol video game yang berbeda, seperti Game Boy, Windows, Nintendo 64 dan PlayStation 1.

Gameplay dari Power Rangers: Lightspeed Rescue berfokus pada aksi dengan basis grafis 3D. Game dapat dimainkan hingga dua orang pemain secara bersamaan untuk menghadapi karakter penjahat yang dikenal dengan sebutan Diabolico.

Kelima karakter Power Rangers dapat dimainkan dengan adanya Titanium Ranger sebagai karakter tambahan. Untuk pertempuran Megazord, pemain dapat mengontrol robot raksasa milik Power Rangers: Lightspeed Rescue yang dikenal dengan nama Supertrain Megazord.

Platform: Game Boy Color, Macintosh, Nintendo 64, PlayStation 1, Microsoft Windows

4. Power Rangers Time Force (2001)

Power Rangers Time Force

* sumber: www.igdb.com

Dalam versi PlayStation 1, game ini menampilkan pertempuran pemain secara solo dengan di setiap permainan bisa menggunakan Megazords untuk melawan bos utama. Pemain mesti menemukan tujuh Artefak Waktu yang disembunyikan di setiap levelnya. Ketujuh artefak tersebut bisa dikumpulkan untuk membuka kunci Quantum Ranger.

Untuk versi Game Boy Advance, pemain akan melakukan perjalanan melalui berbagai level untuk menghentikan sosok karakter jahat bernama Ransik. Semua Rangers dapat dipilih oleh pemain untuk dikendalikan, dan jika ingin berperan sebagai Quantum Rangers maka pemain harus mendapatkan power-up Quantum Morpher.

Platform: Game Boy Color, Game Boy Advance, PlayStation, Microsoft Windows

5. Power Rangers Dino Thunder (2004)

Power Rangers Dino Thunder

* sumber: www.gametdb.com

Sebagai seorang Rangers, pemain akan mengendalikan robot Zord dalam berbagai macam misi untuk menyelamatkan dunia dari kejahatan Zeltrax. Di awal permainan, pemain bisa memilih dari salah satu Zord yang ada, yakni Tyrannozord, Tricerazord, atau Pterazord.

Selanjutnya, pemain akan mempunyai misi untuk membebaskan Dinozords, Cephalazord, Parasaurzord, dan Dimetrozord yang ditawan oleh musuh. Pemain kemudian harus mengawal mereka kembali ke warp points sembari menghancurkan fasilitas senjata asing dari alien.

Selain itu, pemain juga bisa mengumpulkan power morphers, dino eggs, dan dino gems untuk membuka karakter Power Rangers Wild Force dan Ninja Storm. Setelah berhasil dibuka, pemain dapat bermain dalam mode Power Games dengan menggunakan karakter -karakter tersebut.

Platform: Game Boy Advance, GameCube, PlayStation 2

6. Power Rangers: Super Legends (2007)

Power Rangers Super Legends

* sumber: gamefabrique.com

Lord Zedd telah muncul kembali dan bersembunyi di dimensi yang tersembunyi. Ia kemudian berusaha mengganggu aliran waktu dan mencoba mengubah sejarah dengan menghancurkan setiap Power Ranger yang eksis di berbagai macam semesta.

Omega Rangers yang bingung dengan jati dirinya sendiri mesti mengumpulkan semua kekuatan Power Rangers dan artefak dari waktu ke waktu. Ia bersama Rangers lainnya berusaha menerobos ke dalam dimensi tersembunyi tempat Lord Zedd berada dan berusaha memulihkan timeline ke asalnya

Game ini menghadirkan beberapa karakter Rangers dan Megazords yang dapat dipilih, mulai dari serial televisi Mighty Morphin Power Rangers hingga Power Rangers Operation Overdrive. Ada 16 karakter yang dapat dimainkan di Nintendo DS dan 21 karakter di PlayStation 2. Edisi game yang satu ini memadukan elemen petualangan, aksi, puzzle dan dapat dimainkan hingga dua pemain.

Platform: Nintendo DS, PlayStation 2, Microsoft Windows

7. Power Rangers Super Samurai (2012)

Power Rangers Super Samurai

* sumber: www.familyfriendlygaming.com

Pemain bisa berubah dengan berperan menjadi seorang Rangers Merah, Biru, Hijau, Kuning, Merah Muda atau Emas. Pemain dibekali dengan sebuah pedang dan senjata lainnya serta daya tarung seperti memukul dan menendang untuk menghancurkan monster yang berusaha menghancurkan Bumi.

Sama seperti di seri TV Power Rangers Super Samurai, pemain akan berhadapan dengan makhluk asing bernama Moogers. Mereka akan menyerang Bumi, dan pemain mesti mempertahankan Planet Biru tersebut dari invasi Moogers.

Sepanjang permainan, pemain akan belajar untuk mengendalikan unsur-unsur kekuatan, mulai dari elemen api, air, hutan, Bumi, langit dan cahaya. Pemain juga bisa mengemudikan salah satu robot raksasa Megazord saat berhadapan dengan Mega Monsters dengan tampilan sudut pandang orang pertama.

Platform: Xbox 360

8. Mighty Morphin Power Rangers: Mega Battle (2017)

Mighty Morphin Power Rangers Mega Battle

* sumber: www.gamepressure.com

Sesuai dengan judulnya, game ini mengambil tema cerita dari serial televisi Mighty Morphin Power Rangers yang tayang di tahun 1993 hingga 1995. Di sini, para pemain dapat bermain dengan memilih karakter Rangers legendaris, seperti Jason, Zack, Trini, Kimberly, Billy atau Tommy. Pemain pun akan berhadapan melawan pasukan Putty Patrollers dan Rita Repulsa.

Sepanjang permainan, para pemain nantinya juga akan bertemu dengan musuh-musuh lainnya, seperti Mighty Minotaur, The Knasty Knight, Madame Woe, dan Twin Man. Para pemain kemudian bisa menemukan Experience Orbs yang dapat dikumpulkan untuk meningkatkan daya serang dan kesehatan.

Selain melawan Rita Repulsa, para pemain akan berhadapan dengan Lord Zedd yang muncul sebagai ancaman berbahaya. Ia mempunyai pasukan bernama Tenga Warriors yang mampu menjadi lawan tangguh untuk para Rangers.

Platform: PlayStation 4, Xbox One

9. Power Rangers: Legacy Wars (2017)

Power Rangers Legacy Wars

* sumber: www.androidpolice.com

Rita Repulsa menginfeksi Morphin Grid dengan virus yang merusak semua generasi Power Rangers. Zordon dan Alpha 5 lalu mengirim Jason untuk membersihkan Grid Morphin dan mencari Rangers lainnya yang masih ada.

Jason beserta para para Rangers lainnya berusaha untuk mengalahkan Rita dan menghadapi berbagai ancaman di sepanjang perjalanan. Para Rangers kemudian berhasil menemukan beberapa robot Megazord untuk digunakan melawan Mega Goldar dan Black Dragon Megazord.

Power Rangers Legacy Wars merupakan sebuah permainan pertarungan online berbasis tag-team. Pemain nantinya dapat memilih karakter utama dan dua karakter pendukung yang dapat dipanggil saat di battle arena. Pemain bergerak untuk menyerang dan bertahan didasarkan pada kartu berkode warna. Setiap kartu memiliki tipe serangan yang berbeda seperti Strike, Defense, dan Breaker.

Platform: Android, iOS

10. Power Rangers: Battle for the Grid (2019)

Power Rangers Battle for the Grid

* sumber: www.mobygames.com

Power Rangers: Battle for the Grid adalah game berbasis pertarungan yang di mana para pemain akan berlaga dalam pertempuran kompetitif. Para pemain nantinya memilih tim yang berisikan tiga karakter untuk terlibat dalam pertarungan satu lawan satu. Selama pertandingan berlangsung, pemain dapat beralih untuk mengendalikan dari ketiga karakter tersebut.

Jika ketiga karakter lawan berhasil dikalahkan semuanya, maka pemain akan langsung memenangkan pertandingan. Pemain juga bisa menggunakan serangan ultra dengan memanggil Megazord untuk membantu pertarungan di arena.

Game ini menampilkan 12 karakter yang dapat dimainkan, dengan enam karakter tambahan tersedia sebagai konten yang dapat diunduh. Situs review IGN memberi nilai 6,8 dengan memuji mekanisme pertarungan tag-team, namun tetap mengkritik karena kurangnya pilihan mode dan karakter.

Platform: PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, PC

Itulah ulasan tentang game Power Rangers yang pernah rilis di semua platform video game. Meski tidak sepopuler serial televisinya, namun game dari superhero legendaris ini mampu memberikan alternatif hiburan bagi kalian yang menyukai kisah-kisah heroik mereka.