Hadirnya Samsung Galaxy S21 series 5G di Indonesia, membuat perangkat ini jadi perangkat ponsel yang menarik. Terlebih karena Galaxy S21 series dihadirkan sebagai perang yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan lebih dari sekadar smartphone biasa.

Samsung Galaxy S21 series yang terdiri dari Samsung Galaxy S21, Samsung Galaxy S21+, dan Samsung Galaxy S21 Ultra, menawarkan berbagai keunggulan yang membuat perangkat tersebut layak dipilih.

Terlebih ketiga perangkat sudah diumumkan kehadirannya di Indonesia.

Samsung Galaxy S21 hadir sebagai ponsel dengan desain yang kompak karena memiliki layar 6,2 inci. Tipe layar yang tidak besar untuk smartphone zaman sekarang.

Sementara Samsung Galaxy S21+ hadir dengan  layar 6,7 inci yang diperluas dan baterai yang lebih besar, cocok untuk para marathon-gamer dan binge watchers.2. 

Baik Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S21+, keduanya memiliki spesifikasi yang serupa, termasuk konfigurasi kamera. Pembeda kedua hanya ada di ukuran baterai dan layar.

Hal berbeda ditampilkan di Samsung Galaxy S21 Ultra. Perangkat ini jadi salah satu yang istimewa karena memiliki konfigurasi kamera yang berbeda dengan Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S21+.

Hal ini pula lah yang membuat Samsung Galaxy S21 Ultra. Diklaim sebagai perangkat flagship dari Samsung yang sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan kreator video.

Klaim tersebut bukan iklan belaka. Ernest Prakasa, yang kini dikenal sebagai kreator di Industri film, jadi salah satu orang yang pertama yang mengetes Samsung Galaxy S21 Ultra.

Ernest Prakasa

Ernest Prakasa bercerita soal fitur kamera Galaxy S21 series

Latar belakangnya sebagai sutradara, membuat Ernest Prakasa dapat mengkesplorasi fitur kamera di Samsung Galaxy S21 Ultra, yakni Pro Video.

Spesfikasi kamera ini menarik perhatian Ernest karena fitur yang dimilikinya meningkat signifikan dibandingkan seri sebelumnya, dalam hal ini, Samsung Galaxy S20 Ultra.

Dalam acara peluncuran Samsung Galaxy S21 series di Indonesia yang dilakukan secara virtual, Ernest mengatakan jika saat ini video adalah “sesuatu”. Menurutnya, di 2020, perilaku masyarakat berubah.Semua serba digital. Cara orang mengekspresikan diri di media sosial pun berbeda.

Pada acara yang berlangsung pada Rabu, 23 Januari 2021 tersebut, Ernest pun mengungkapkan soal fitur-fitur yang jadi andalan yang ada di Samsung Galaxy S21 series, terutama Samsung Galaxy S21 Ultra.

Berikut fitur-fitur yang ada di Samsung Galaxy S21 series.

1. Director’s View

galaxy s21 ultra desain

Salah satu fitur yang menarik di Samsung Galaxy S21 series adalah Director’s View. Menurut Ernest, fitur ini merupakan fitur yang dapat memvisualisasikan adegan dan scenery seperti apa yang bisa langsung terlihat hasilnya dan dapat diabadikan.

Dengan fitur ini,video yang diambil dapat ditampilkan dalam bentuk preview yang nantinya memungkinkan kreator video untuk mengatur transisi yang sinematik dari frame ke frame. Kreator juga dapat menentukan angle apa yang cocok untuk adegan tertentu.

Dengan Director’s View, kreator yang memakai Galaxy S21 series 5G dapat menjadi sutradara untuk cerita epik-nya setiap hari dengan hasil lebih pro.

Dengan fitur ini pula, kreator dapat mengerjakan pekerjaan video secara profesional seperti membuat behind the scene. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kedepannya membuat film pendek dengan sebuah smartphone.

2. Multi-Mic Recording

Galaxy S21 Ultra Lifestyle Cut

Fitur menarik lainnya adalah Multi-Mic Recording. Fitur ini merupakan fitur yang yang membuat Ernest tidak khawatir lagi soal noise yang mengganggu kualitas suara di rekaman video.

Pasalnya, Galaxy S21 Series memiliki fitur merekam video dengan teknologi Multi Source Microphone. Dengan teknologi ini, sumber suara dapat diatur dari depan, belakang, maupun dari omni mic.

Fitur ini juga kompatibel dengan sumber suara dari external microphone melalui sambungan USB atau bahkan koneksi Bluetooth. Bahkan, fitur ini dapat maksimal jika kreator memakai Galaxy Buds Pro yang difungsikan sebagai clip-on mic, jadi sumber suara lebih jernih dan minim bocor.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Ernest Prakasa bahwa ia kagum dengan fitur yang ada di Galaxy Buds Pro dengan kemampuannya sebagai clip-on mic. Teknologi ini sebelumnya diterapkan di Galaxy Note20 Series

3. Ultimate Super-Steady

Super steady S21

Fitur lainnya yang menarik adalah Ultimate Super-Steady. Bagi Ernest, fitur ini merupakan fitur yang membuatnya bisa merekam video tanpa khawatir mengalami goyang saat proses merekam video.

Fitur ini sangat cocok untuk merekam video bahkan dengan memegang Samsung Galaxy S21 Series 5G memakai tangan yang cenderung kurang stabil. Terlebih untuk mereka yang tremor.

4. Dynamic Slo-Mo

Super steady S21

FItur lainnya yang menarik adalah Dynamic Slo-Mo. Dengan fitur ini, kreator dapat membuat video slow motion dengan kualitas terbaik. Hasl video slow motion pun terlihat sinematik dan dramatis.

5. S Pen pada Galaxy S21 Ultra

galaxy s21 ultra s pen

Fitur lainnya adalah soal ekosistem dari Samsung Galaxy. Terkhusus untuk  Galaxy S21 Ultra yang mendapat dukungan penggunaan S Pen.

Menurut Ernest, kehadiran S Pen sebagai aksesoris tambahan (beserta flip case Samsung) menjadi sebuah revolusi menakjubkan yang digagas Samsung.

Menurutnya lagi, kehadiran S Pen dapat membantu pekerjaan dalam mencatat berbagai ide. Ia tinggal mencoret-coret ide yang muncul di kepalanya memakai S Pen pada Samsung Notes.

S Pen juga dapat digunakan untuk merevisi ilustrasi storyboard dari konten yang akan dihasilkan Bahkan, S Pen dapat digunakan mengedit konten behind the scene yang dibuat di Galaxy S21 Ultra 5G.

S Pen juga sangat intuitif dengan layar Galaxy S21 Ultra yang memiliki dimensi layar 6,8 inci beresolusi Quad HD+ atau 1440 x 3200 piksel. Sementara Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G hanya Full HD saja.

Sektor kamera juga berbeda.

Samsung menyematkan konfigurasi sama pada kamera pada Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G. Di sektor belakang, ada tiga kamera dengan lensa utama (wide) 12 MP, f/1.8; lensa telefoto 64 MP, f/2.0; dan lensa ultrawide 12 MP, f/2.2. Sementara itu, di depan ada selingkar lensa kamera 10 MP, f/2.2.

Sementara Galaxy S21 Ultra 5G hadir dengan konfigurasi empat kamera di bagian belakang.

Yakni lensa utama (wide) 108 MP, f/1.8; lensa telefoto periskop 10 MP, f/4.9; lensa telefoto 10 MP, f/2.4; dan lensa ultrawide 12 MP, f/2.2. Karena lensa telefoto periskop ini, Galaxy S21 Ultra 5G mampu melakukan perbesaran optik (optical zoom) sampai 10x!

Adapun bagian depan tak kalah garang dengan satu lensa kamera 40 MP, f/2.2.

Dalam situs resmi Samsung, harga yang dipatok untuk ketiga ponsel berbeda-beda tergantung pada besar storage yang dipilih.

Selain mendapat fisik ponselnya, seseorang yang membeli melalui pre-order akan memperoleh beberapa bonus tertentu yang sudah termasuk dalam harga. Berikut rincian harga dari ketiga ponsel:

Galaxy S21 5G

  • 128/8 GB: Rp12.999.000
  • 256/8 GB: Rp13.999.000

Galaxy S21+ 5G

  • 128/8 GB: Rp15.999.000
  • 256/8 GB: Rp16.999.000

Galaxy S21 Ultra 5G

  • 128/12 GB: Rp18.999.000
  • 256/12 GB: Rp19.999.000
  • 512/16 GB: Rp21.999.000

Yang menarik, Samsung sedang mengadakan promo untuk pembelian  Galaxy S21+ dan Galaxy S21 Ultra . Promo tersebut adalah cashback sampai Rp2 juta dan gratis wireless charger.

Promo tersebut berlangsung dari 29 Januari 2021 sampai 14 Februari 2021.