Adalah hal yang wajar jika perangkat digital mengalami kerusakan. Tak terkecuali perangkat Android. Tak masalah apakah kamu menggunakan ponsel atau tablet Android, kehilangan data mungkin sekali terjadi. Kemungkinan kamu kehilangan beberapa data berharga karena penghapusan tidak disengaja, kurangnya tempat penyimpanan, masalah kartu memori, kesalahan rooting, dan lain-lain.

Jika hal itu sampai menimpamu, pilihan terakhir adalah menggunakan aplikasi data recovery Android yang bisa membantu mengembalikan file-file yang hilang. Kamu bisa mencobanya walau tidak dapat menjamin 100% data kembali karena itu bergantung pada bagaimana file-file itu hilang dan kapan. Berikut ini adalah 10 aplikasi data recovery Android yang bisa kamu pilih.

1. EaseUS MobiSaver

Memiliki desain antarmuka pengguna yang intuitif, EaseUS MobiSaver bisa memulihkan data Android kamu yang hilang. Ini merupakan aplikasi recovery data Android yang bisa kamu gunakan tanpa harus memiliki keahlian profesional apa pun.

Sesudah menghubungkan perangkat Android ke PC atau Mac, perangkat lunak ini dapat dengan cepat memindai seluruh perangkat untuk mengambil data yang hilang, baik dari memori internal atau kartu SD milikmu.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara rahasia, tanpa membahayakan privasi kamu atau menimpa file yang sudah ada sebelumnya. Sebelum melakukan pemulihan, kamu bisa melihat dulu kualitas kontak, foto, dokumen, dan pesan SMS yang hilang.

Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk mengekspor file yang hilang dalam berbagai format, contohnya HTML, VCF, dan CSV. Unduh EaseUS MobiSaver.

2. DiskDigger

DiskDigger merupakan salah satu aplikasi recovery data Android yang bagus untuk memulihkan atau membatalkan penghapusan file yang hilang seperti foto dari ponsel milikmu. Kamu bisa memulihkan data yang hilang dari penyimpanan internal serta dari kartu memori.

Tidak ada keharusan untuk me-rooting ponsel pintarmu saat menggunakan DiskDigger, tapi tanpa rooting, aplikasi ini akan melakukan pemindaian terbatas. Jadi, kamu disarankan untuk melakukan rooting pada perangkat milikmu terlebih dahulu untuk pemindaian penuh.

Dengan bantuan pemulihan data ini, kamu juga bisa mengunggah file pemulihan langsung ke Dropbox, Google Drive atau mengirimnya melalui email. Unduh DiskDigger.

3. dr.Fone

dr.Fone adalah aplikasi recovery data Android yang mengklaim sebagai merek pertama di dunia yang menyediakan layanan pemulihan data untuk penggunaan pribadi. Merek ini telah memimpin industri selama lebih dari delapan tahun dan mendukung lebih dari 6000 perangkat Android.

Bahkan kamu bisa mengekstrak file dari ponsel pintar Samsung milikmu yang rusak. Perangkat lunak ini mampu memulihkan berbagai jenis file, termasuk musik, foto, dokumen, video, pesan teks, kontak, dan pesan WhatsApp untuk ponsel yang di-rooting.

Dengan memiliki aplikasi ini, data yang hilang dapat dipulihkan apa pun situasinya, misalnya, penghapusan yang tidak disengaja, lupa kata sandi, sistem crash, kesalahan rooting, masalah kartu SD, layar hitam, flashing ROM, kerusakan, reset pabrik, dan lain-lain.

Menggunakan aplikasi dr.Fone, kamu bisa memindai dan selanjutnya melihat file yang hilang agar bisa dipulihkan semuanya atau beberapa data yang pilihan dengan beberapa klik saja. Aplikasi ini menawarkan tiga mode pemulihan, yaitu, penyimpanan internal, perangkat rusak, serta kartu SD. Unduh dr.Fone.

4. Recuva

Recuva yang dikembangkan oleh Piriform merupakan aplikasi pemulihan data yang banyak digunakan untuk PC Windows juga ponsel Android. Alat ini cocok untuk pengguna yang tidak terlalu mahir teknologi.

Aplikasi ini menawarkan panduan langkah demi langkah dalam memulihkan file, gambar, dan dokumen milikmu. Namun, tidak seperti perangkat lunak pemulihan data lainnya, Recuva hanya bisa mengambil file yang disimpan di kartu memori saja.

Recuva tidak bisa memulihkan file dari memori internal perangkatmu, yang membuatnya tidak berguna jika ponsel Android milikmu tidak memiliki kartu memori. Jika kamu hanya mengandalkan kartu SD saja, perangkat lunak ini akan bisa berguna.

Versi gratisnya bisa melakukan pemindaian mendalam pada kartu memori untuk memulihkan semua jenis data yang hilang. Kamu juga bisa mendapatkan perangkat lunak versi Pro seharga $ 19,95 untuk dukungan tambahan dan pembaruan otomatis. Unduh Recuva.

5. MiniTool Mobile Recovery

MiniTool Mobile Recovery untuk Android merupakan perangkat lunak untuk pemulihan data tingkat profesional yang mampu membantu kamu memulihkan data baik yang hilang, terhapus, atau bahkan rusak.

Aplikasi ini dilengkapi dengan dua modul pemulihan, yaitu satu untuk penyimpanan internal perangkat milikmu, dan yang lainnya untuk kartu SD. MiniTool Mobile Recovery bisa memulihkan kontak, riwayat panggilan, pesan, dan data dokumen.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa memulihkan file media yang hilang, rekaman audio, video, dan lampiran WhatsApp. Mungkin kamu sudah menginstal aplikasi yang tidak aman, mengalami kesalahan selama pembaruan, serangan virus, atau rooting yang salah. Jangan khawatir!

MiniTool Mobile Recovery merupakan aplikasi Android data recovery yang akan membantu memulihkan ke keadaan sebelumnya. Unduh MiniTool Mobile Recovery.

6. Dumpster

Dumpster merupakan aplikasi yang bertindak seperti tempat sampah dan membantu kamu memulihkan file di Android tetapi perbedaannya adalah aplikasi ini hanya menyelamatkan file yang terhapus setelah menginstal perangkat lunak ini.

Setelah kamu memasang aplikasi ini, Dumpster akan secara otomatis mencadangkan dan menyimpan semua data yang baru kamu hapus, memungkinkan kamu membatalkan penghapusan gambar dan video dengan mudah, dan langsung memulihkannya ke ponselmu.

Aplikasi Dumpster memiliki versi berbayar yang dilengkapi dengan fitur kunci untuk memastikan data aman dari viewer eksternal. Unduh Dumpster.

7. Stellar Data Recovery

Satu lagi aplikasi yang bisa menjadi penyelamat data-data yang telah terhapus yaitu Stellar Data Recovery untuk Android. Aplikasi ini merupakan solusi do-it-yourself gratis untuk foto, kontak, dan pesan yang hilang. Dibuat untuk kemudahan penggunaan, kamu bisa menggunakan perangkat lunak ini di lebih dari 6000 perangkat merek populer, termasuk LG, Motorola, Google, Lenovo, dan Samsung.

Kamu bisa memulihkan data yang dihapus dan diformat dari memori internal, seperti obrolan WhatsApp dan video lama yang diambil dengan ponselmu. kamu tidak hanya bisa melihat pratinjau file, tetapi juga bisa mencari dan mengurutkan hasil pemindaian.

Karenanya kamu bisa menemukan dan memulihkan data yang kamu inginkan dengan cepat. Stellar juga mendukung banyak bahasa, dengan kemampuan untuk mengubah bahasa kapan pun kamu mau pada bilah alat layar atas. Unduh Stellar Data Recovery.

8. iMyFone D-Back

D-Back menawarkan cara mudah untuk memulihkan data milikmu yang terhapus dari ponsel pintar atau tablet Android. Bahkan kamu bisa mendapatkan kembali data dari ponsel yang rusak.

Perangkat lunak ini mendukung beberapa ponsel pintar Android dan jenis file, termasuk log panggilan, pesan, foto, video, audio, dokumen, kontak, dan data WhatsApp. Dengan D-Back, kamu bisa mendapatkan tingkat keamanan yang tinggi .

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan tingkat pengambilan data yang lebih cepat setelah kehilangannya karena sistem crash, kerusakan karena air, penghapusan tidak disengaja, serangan virus, layar hitam, lupa kata sandi, rooting, dan perangkat tidak merespon.

Aplikasi ini menawarkan pemulihan data dari memori internal serta dari kartu SD. Bahkan kamu bisa melihat dan memfilter file sebelum mengambilnya. Tidak masalah jika perangkat kamu di-root atau tidak, dan alat tersebut masih bisa mendapatkan data kembali. Unduh iMyFone D-Back.

9. Imobie PhoneRescue

PhoneRescue dari Imobie diklaim mempunyai banyak cerita keberhasilan. Aplikasi ini dipercaya oleh jutaan pengguna ponsel cerdas di seluruh dunia. Tidak diragukan lagi, karena tingkat keberhasilannya yang sangat tinggi.

Selain itu aplikasi ini cakupan file-nya luas, pengambilan data yang cepat, dan antarmuka yang ramah pengguna. Menariknya, PhoneRescue mengklaim bahwa aplikasi ini bisa memulihkan file, baik itu gambar atau dokumen, ke tempat yang semestinya dengan mudah seperti tidak pernah hilang.

PhoneRescue juga bisa memungkinkan kamu menghapus kata sandi perangkat milikmu jika kamu lupa. Tentunya, kamu hanya akan bisa menikmati manfaat tersebut dengan membeli perangkat lunak tersebut seharga $ 49,99.

Tidak tersedia uji coba gratis, tetapi setidaknya, kamu bisa memperoleh pengembalian dana penuh dalam waktu 60 hari jika kamu tidak puas dengan layanan yang ditawarkannya. Unduh Imobie PhoneRescue.

10. Gihosoft Free Android Data Recovery

Aplikasi Android data recovery lainnya adalah Gihosoft Free Android Data Recovery. Perangkat lunak ini merupakan salah satu yang terbaik untuk ponsel pintar dan tablet Android.

Jika kamu tidak sengaja menghapus file, kamu bisa memulihkannya dengan mudah baik itu disimpan di memori internal perangkat atau kartu microSD. Alat pemulihan data ini mendukung berbagai jenis file termasuk pesan teks, gambar, video, log panggilan, kontak, dan audio.

Proses pemulihannya aman dan selektif sehingga kamu bisa dengan mudah melewatkan file yang tidak diperlukan. Namun, seperti alat pemulihan data gratis lainnya, perangkat lunak Gihosoft juga mempunyai kekurangan.

Untuk memanfaatkan fungsionalitas aplikasi ini secara penuh, kamu perlu melakukan rooting pada ponsel Android milikmu terlebih dahulu. Ini karena aplikasi perlu memiliki akses tidak terbatas ke perangkat. Unduh Gihosoft Free Android Data Recovery.

Pasti kamu akan merasa kesal jika kehilangan data dari ponsel atau tablet Android-mu. Hal itu bisa jadi karena data tersebut menyangkut pekerjaan atau mungkin milik pribadi yang memiliki kenangan penting. Untuk menyelamatkan data itu kembali salah satu caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi Android data recovery.

Aplikasi pemulihan data Android ini ada yang gratis juga ada yang berbayar. Tentunya yang berbayar memiliki fitur yang lebih banyak. Nah, kalau data kamu hilang, jangan dulu putus asa. Cobalah salah satu aplikasi di atas untuk membantumu mengembalikan data yang terhapus. Semoga berhasil!