Tiga smartphone flagship Samsung Galaxy S21 Series resmi dijual di Indonesia pada 27 Januari 2021. Satu di antaranya adalah Samsung Galaxy S21+ 5G. Bukan tanpa alasan Samsung kembali menghadirkan varian plus pada Galaxy S21 Series 5G. Pasalnya, sejak meluncur kali pertama pada 2017 (Galaxy S8 series), angka penjualannya selalu tinggi.

Pada tahun tersebut, gabungan Galaxy S8 dan Galaxy S8+ berhasil membukukan angka penjualan 41 juta ponsel, terbesar ketiga di dunia. Berkat seri plus pula, S10 series yang meluncur pada 2019 terjual sebanyak 37 juta. Oleh sebab itu, Galaxy S21+ 5G bukanlah sekadar pelengkap dalam lini produk Samsung Galaxy S21 Series 5G. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Galaxy S21+ 5G? Berikut ulasannya.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21+ 5G

Samsung Galaxy S21 plus -1

  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: Dynamic AMOLED 2x, 6,7 inci 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Exynos 2100 (5 nm)
  • CPU: Octa-core (1×2,9 GHz Cortex-X1 & 3×2,80 GHz Cortex-A78 & 4×2,2 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G78 MP14
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 12 MP + 64 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: 10 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4800 mAh

Kelebihan Galaxy S21+ 5G

Ponsel flagship menyuguhkan spesifikasi dan fitur paling terbaik. Beberapa poin kelebihan Galaxy S21+ bisa kamu cermati di bawah ini.

1. Desain Segar

Kamera Samsung Galaxy S21 Series

Samsung memberikan perubahan corak yang tak pernah ditemui di ponsel mana pun untuk Galaxy S21+ 5G. Corak itu adalah kompartemen tiga kamera belakang berupa contour-cut . Kompartemen ini menyatu dengan frame logam aluminium, membuat ponsel tampak ringkas dan elegan.

Tak ada tempelan apa pun di punggung Galaxy S21+ 5G selain logo Samsung. Pasalnya, pemindai sidik jari sudah terbenam di dalam layar. Bagian belakangnya semakin menawan karena terbuat dari material kaca Gorilla Glass Victus.

Menoleh ke bagian depan, kaca dengan kualitas sama dengan bagian belakang turut melindungi permukaan layar bergaya infinity-o. Layarnya yang berbingkai tipis itu cukup besar (6,7 inci). Kendati demikian, Galaxy S21+ 5G masih nyaman digenggam oleh tangan orang Indonesia.

Jangan lupa, ponsel ini juga memegang sertifikasi anti debu dan air (IP68). Menyelam di kedalaman 1,5 meter hingga 30 menit pun tidak masalah. Samsung Electronics Indonesia menyediakan Galaxy S21+ 5G dalam tiga varian warna: Phantom Violet, Phantom Black, dan Phantom Silver. Varian warna pertama terlihat paling keren.

2. Tampilan Mengesankan

Resolusi layarnya yang Full HD+ (1080 x 2400 piksel) memang lebih rendah daripada Galaxy S21 Ultra 5G. Namun demikian, itu tidak menjadi masalah berarti buat HP flagship sekalipun. Sebab, menurut Dedy Irvan di kanal YouTube Jagat Review, yang terpenting adalah kerapatan pikselnya sudah di atas 300 ppi.

Sementara kombinasi layar Dynamic AMOLED 2X 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ di Galaxy S21+ 5G mencatat kerapatan piksel 394. Itu artinya sudah tinggi dan nyaman dipandang mata. Apalagi, sudah mendukung laju penyegaran sampai 120Hz, dengan kecerahan puncak 1300 nits.

Reproduksi warna layar edge-to-edge-nya juga semakin mendekati nyata karena telah disusupi teknologi HDR10. Hal menarik selanjutnya dari layar ponsel ini adalah bentuknya yang rata (flat). Ini akan membuat Anda lebih mudah mencari tempered glass di pasaran.

3. Chipset Tangguh

Samsung menyambut dengan gegap gempita atas digelarnya jaringan 5G di Indonesia pada 2021. Pasalnya, Galaxy S21+ 5G telah mendukung jaringan tersebut sejak keluar dari dusnya. Dukungan itu hadir berkat modem 5G yang tersemat di dalam System on Chip (SoC) Exynos 2100.

Chipset berperforma tinggi tersebut dibangun dengan proses fabrikasi 5 nm. Lebih canggih daripada Exynos 990 (chipset flagship generasi sebelumnya) yang menggunakan arsitektur 7 nm+. Segala urusan bisa ditangani oleh chipset yang satu ini.

Apakah itu bermain gim, melakukan pengeditan foto dan video, membuka banyak aplikasi sekaligus, dan lain sebagainya. Kendati demikian, konsumsi dayanya tetap terjaga. Efisiensi dayanya 20 persen lebih baik daripada pendahulunya (Exynos 990).

4. Memori Berkecepatan Tinggi

UFS 2.1 Memory

* sumber: wccftech.com

Prosesor terbaik tak akan bisa bekerja maksimal tanpa dukungan dari memori yang kencang. Beruntung teknologi memori terkini telah disuntikkan Galaxy S21+ 5G. Jenis teknologi storage-nya adalah UFS 3.1 yang punya kecepatan tulis sampai 1200 MB/detik, nyaris tiga kali lipat dibanding UFS 3.0.

Sementara itu, RAM Galaxy S21+ 5G sudah menggunakan teknologi LPDDR5. Menurut Samsung, teknologi paling anyar dari RAM HP ini 1,5 kali lebih cepat ketimbang LPDDR4X. Pasalnya, LPDDR5 berjalan di bandwith 6400 Mbps, sedangkan si pendahulu mentok di 3200 Mbps.

5. Fitur Kamera Lengkap

Dalam acara peluncuran, Rabu (27/1/2021), Presiden Samsung Electronics Indonesia, Yoonsoo Kim, mengatakan, Samsung Galaxy S21 Series hadir untuk menemani segala aktivitas pengguna. Utamanya untuk mengabadikan setiap momen.

Berdasarkan pernyataan Kim tersebut, Samsung Galaxy S21+ dirancang untuk sigap diandalkan dalam menangkap fenomena yang tak akan pernah terjadi dua kali. Anda tak perlu ragu mengeluarkan ponsel ini dan langsung memotret atau merekam.

Tidak akan ada jello effect sekalipun Anda berlari. Sebab, ada fitur penstabil Super Steady yang membuat hasil rekaman video tetap mulus. Serta, fitur Single Take yang bisa diandalkan dalam posisi menangkap momen secara spontan.

Fitur keren selanjutnya adalah, tiga kamera belakang bisa aktif secara bersamaan (Director’s View). Hal ini akan membantu Anda bisa memilih sudut terbaik dalam setiap potongan momen. Bahkan, kamera depan dan belakang pun bisa merekam sekaligus (Vlogging View). Seorang vlogger tentu akan terbantu dalam menyajikan konten yang semakin interaktif.

Satu fitur baru lagi yang berguna, khususnya buat jurnalis, adalah Multiple Mic RecordingMelalui fitur ini, pengguna bisa merekam suara dari microphone internal ponsel dan mic dari headset bluetooth secara bebarengan sehingga Anda tak perlu menggunakan perangkat tambahan ketika tengah mewawancarai narasumber.

Fitur lain seperti portrait mode, night mode, perbesaran optik (1,1 kali), dan perbesaran hybrid hingga 3x, mendukung perekaman hingga resolusi 8K di 24fps, melengkapi keandalan kamera Galaxy S21+ 5G.

6. Mendukung WiFi 6

WiFi 6

* sumber: techpp.com

Seluruh sinyal hotspot yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz mampu ditangkap oleh Samsung Galaxy S21+ 5G. Standar terbaru, yakni WiFi AC, yang berjalan di frekuensi 5 GHz pun bisa. Dengan begitu, ponsel satu ini mampu memanfaatkan kecepatan hingga 433 Mbps per jalur komunikasi yang dimilikinya.

Tidak berhenti di situ, standardisasi masa depan, WiFi 6, didukung pula. Kecepatan WiFi 6 kabarnya hanya 37 persen lebih tinggi ketimbang generasi sebelumnya. Namun, teknologi ini punya tingkat kestabilan empat kali lipat lebih baik dibanding WiFi 5, utamanya jika dipakai di area dengan kepadatan tinggi.

7. Sistem Operasi Terbaru

* sumber: pocketnow.com

Salah satu hal yang membuat daya tawar ponsel Android masih kalah dari Apple iPhone adalah dukungan upgrade sistem operasi yang pendek. Umumnya, seluruh produsen hanya akan memberi update sistem operasi selama dua tahun (dua peningkatan), plus update patch keamanan pada tahun ketiga.

Namun, pada 2020, Samsung mengubah strateginya. Mereka berjanji bakal memberi upgrade sistem operasi selama tiga tahun (tiga kali peningkatan). Sehingga, Galaxy S21+ 5G yang kini dibekali Android 11, diyakini bakal bisa ditingkatkan hingga Android 14. Dengan begitu, Anda bisa memakai Galaxy S21+ 5G sebagai andalan untuk waktu yang lebih lama.

8. Baterai Awet

Baterai Samsung Galaxy S21 Series

Ukuran 4800 mAh rasanya cukup untuk membuat Galaxy S21+ 5G menyala seharian. Kanal YouTube TechDroider turut menguji ketahanannya dalam berbagai macam aktivitas. Seperti untuk memainkan gim PUBG Mobile, streaming video, browsing via Google Chrome, dan merekam video.

Catatan waktu yang dihasilkan pun cukup mengesankan. Baterai Galaxy S21+ 5G mampu bertahan 9 jam 6 menit. Durasi itu lebih lama daripada si pendahulu, Galaxy S20+ yang , hanya mencatat waktu 8 jam 7 menit. Di samping daya tahan baterainya yang oke, Galaxy S21+ 5G juga dibekali teknologi pengecasan 25 W.

Mengecas secara nirkabel pun sudah lumayan kencang karena output-nya  15 watt. Adapun saat darurat, Galaxy S21+ 5G bisa difungsikan sebagai powerbank dadakan. Sebab, ia mendukung pengisian balik 4.5W berkat USB Power Delivery 3.0.

9. Koneksi NFC

* sumber: nfc-forum.org

Samsung adalah salah satu produsen yang satu langkah lebih maju dalam melihat teknologi masa depan. Seperti NFC (Near Field Communication) yang sudah diberikan secara default di seri Galaxy S sejak 2012, ketika Galaxy S3 meluncur.

Kini teknologi NFC semakin lazim digunakan di berbagai hal. Seperti pembayaran nonfisik di jalan tol, pengganti tiket di kereta MRT, atau kunci keamanan apartemen. Teknologi ini pun tetap disematkan di Samsung Galaxy S21+ 5G.

10. Ultra Wide Band

Galaxy S21 Unpacked Event SmartTag

Apakah Anda sering lupa menaruh barang berharga berukuran kecil, kunci mobil misalnya? Jika iya, kini Anda tak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, Samsung memberi solusi dengan teknologi Ultra Wide Band (UWB) yang ditanam di dalam Galaxy S21+ 5G.

Fitur ini berjalan pada koneksi gelombang radio seperti WiFi dan Bluetooth, tetapi telah dikembangkan lebih baik lagi. Cara kerjanya adalah dengan melingkarkan gantungan Galaxy SmartTag di suatu barang. Gantungan tersebut akan mengeluarkan gelombang yang bisa ditangkap oleh Galaxy S21+ 5G.

Anda pun akan mendapati lokasi presisi barang yang hendak dicari. Samsung mengklaim jangkauan Galaxy SmartTag bias mencapai radius 120 meter.

11. Sudah Dual GPS

cara memperkuat sinyal gps 2 (Copy)

* sumber: www.inteligentcomp.com

Galaxy S21+ 5G sudah selangkah lebih maju dengan adanya dukungan WiFi 6 yang saat ini belum populer. Teknologi esensial yang seharusnya disematkan untuk ponsel flagship pun ada. Teknologi itu adalah dual-band GPS alias GPS dua frekuensi.

Teknologi ini semakin penting karena navigasi dengan GPS konvensional kurang akurat, karena belum bisa menampilkan lokasi secara detail dalam jarak 5 meter. Padahal, sekarang makin banyak aplikasi yang membutuhkan akurasi lokasi tinggi. Beberapa gim yang berbasis Augmented Reality seperti Pokemon Go pun butuh teknologi ini.

Kekurangan Galaxy S21+ 5G

Ada hal-hal selain kelebihan yang patut Anda perhatikan sebelum menjatuhkan pilihan pada Samsung Galaxy S21+ 5G. Berikut ini poin-poin penjabarannya.

1. Tidak Ada Slot MicroSD

Pilihan memori yang diberikan pada Galaxy S21+ 5G memang sudah cukup besar. Anda bisa memilih varian 128 GB atau 256 GB. Sayangnya, Anda tak punya opsi untuk menambah kapasitasnya.

Pasalnya, slot yang ada di smartphone hanyalah dua kartu SIM tanpa ada laci khusus untuk microSD. Bisa jadi ini adalah sebuah kemunduran lantaran generasi pendahulu, Galaxy S20+, tetap bisa menggunakan microSD kendati dengan slot hybrid.

2. Tidak ada Kamera Depth

Konfigurasi kamera belakang di Galaxy S21+ 5G berkurang satu dibanding dengan Galaxy S20+. Sang suksesor kini tak lagi memakai lensa kedalaman. Lensa ini punya andil ketika sebuah ponsel tengah membidik gambar bokeh.

Sederhananya, lensa ini akan menangkap gambar untuk disatukan dengan gambar hasil jepretan lensa utama. Dua gambar tersebut akan diproses oleh prosesor menjadi satu gambar yang punya perpotongan halus antara objek utama dengan latar belakangnya.

Meski begitu, tanpa lensa kedalaman pun sebuah kamera tetap bisa menangkap gambar bokeh dengan cukup baik.

3. Tidak Disertakan Adaptor

Samsung pernah menyindir Apple yang tak menyertakan adaptor pada saat iPhone 12 meluncur. Namun, kini giliran Samsung yang ikut-ikutan. Tentunya hal ini membuat sebagian konsumen kecewa karena harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli sebuah cas. Adapun dalam paket penjualan hanya disertakan kabel USB tipe C, pin ejector, dan Quick Start Guide.

Demikian penjelasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy S21+ 5G. Sebagai ponsel flagship dengan harga fantastis, ponsel ini berusaha menghadirkan kemampuan terbaik di berbagai aspek untuk mengakomodasi berbagai aktivitas. Karena itu, ada hal-hal yang berubah dari generasi sebelumnya, ada pula sisi-sisi yang tetap dipertahankan.

Hanya saja, setiap perubahan menimbulkan respons yang beragam. Seperti ketidakhadiran adaptor dalam paket penjualan dan dihilangkannya slot microSD. Sekarang tinggal Anda sendiri yang memilih. Anda juga bisa melihat komparasi spesifikasi Galaxy S21+ 5G dengan anggota lain Galaxy S21 Series di sini.