Kalau kita bicara Xiaomi, ada sub-brand POCO yang terngiang di ingatan kita. Begitu pun dengan Huawei yang melahirkan merk baru bernama Honor. Selain dari dua merk tadi, OPPO pun tidak mau kalah dengan menghadirkan sub-brand realme.

Mekanisme pemasaran seperti ini memang sudah tidak jarang lagi. Xiaomi contohnya, membuat sub-brand POCO demi bisa menyongsong segmen pasar yang berbeda tanpa harus diasosiasikan dengan brand Xiaomi.

Hal ini untuk menjaga keutuhan brand dan pesan yang terkandung dalam nama Xiaomi, begitu pun dengan realme yang diluncurkan untuk menjangkau segmen pasar di luar OPPO. Seperti yang kita ketahui, OPPO lebih kental dengan identitasnya sebagai HP untuk berfoto-foto dan menangkap hasil selfie yang bagus. Kurang lebih, mungkin tidak berbeda jauh dengan vivo.

Sedangkan, realme sendiri merupakan sub-brand yang mengedepankan value untuk menjangkau segmen entry level dan mid range. Punya price to performance yang tinggi pula, karena realme umumnya menggunakan chipset yang bertenaga untuk di kelas harganya.

Lantas seperti apa sih merk realme ini? Apa yang bisa diekspektasikan dari produk-produknya? Simak kelebihan dan kekurangan realme sebagai brand berikut ini.

Kelebihan realme

Sebaiknya semakin banyak orang yang tahu mengenai merk realme, karena kelebihannya memang akan membuat siapapun merasa diuntungkan. Nah, daripada penasaran, berikut kami berikan poin-poin realme.

1. Value for Money yang Tinggi

value for money

* sumber: www.freshismore.com

Siapa pun yang pernah melihat harga-harga dan spesifikasi dari realme pasti tahu. Bahwa, produk realme sungguh mencerminkan konsep value for money yang begitu tinggi. Sekalipun berada di harga yang sangat terjangkau dibandingkan ponsel lain, spesifikasinya tidak jarang membuat para fans menganga.

Hal ini karena realme tidak melakukan promosi besar-besaran pada kanal offline melainkan hanya pada online saja. Ya, sama seperti merk Xiaomi. Alhasil, ponsel realme pun bisa dirilis dengan harga yang begitu murah namun tanpa membuat perusahaan boncos.

2. Program “Flash Sale” yang lebih Reliable

realme flash sale

Acara “Flash Sale” adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh konsumen yang oportunis. Tidak ingin beli HP dengan harga normal, akhirnya rela berlomba-lomba dalam mendapatkan produk realme dengan lebih murah.

Event seperti ini tidak hanya dilakukan oleh realme, melainkan oleh produsen HP lain juga seperti Xiaomi. Contohnya seperti pada POCO M3 dan POCO X3 NFC, begitu banyak yang menantikan HP tersebut dan ingin membelinya saat Flash Sale. Tapi apa daya, nama POCO malah jadi lekat dengan kata “ghoib“.

Hal ini karena stok ponsel Xiaomi cenderung hanya sedikit dan membuat banyak orang gagal beli produknya. Berbeda dengan realme, produsen HP ini punya program Flash Sale yang lebih langgeng, bertahan pada durasi yang lebih lama tanpa kehabisan stok.

3. Punya ROM yang Kaya Fitur

realme ui

Karena realme merupakan sub-brand dari OPPO, maka awalnya mereka masih menggunakan ColorOS di HP realme. Tapi lama-lama mereka pun akhirnya punya skin Android versi sendiri yang dinamakan realme UI.

Nah, realme UI ini terbilang lebih unggul dari ColorOS. Malahan, sebagian orang akan setuju juga bahwa realme UI bahkan lebih baik ketimbang MIUI. Contohnya saja, realme UI punya fitur khusus pengendara dengan nama Smart Driving. Fitur ini bisa diaktifkan agar pengalaman berkendara Anda lebih aman sekali pun harus sesekali menggunakan ponsel.

Realme UI juga mengadopsi fitur Super Saving Power Mode yang awalnya ada di ColorOS. Wah, percaya deh, fitur ini sungguh berguna banget di kala HP sudah akan sekarat.

Pasalnya, di sisa baterainya yang hanya 5%, ponsel tetap bisa dipakai untuk menjalankan 6 aplikasi. Bahkan 5% pun muat untuk chattingan di WhatsApp atau mendengarkan lagu di Spotify selama beberapa jam. Dibanding dengan MIUI, realme UI juga dipercaya memiliki tampilan user interface yang lebih baik.

4. Menyuguhkan Refresh Rate Tinggi pada Jajaran HP Murah

realme narzo 20 pro 90 hz

Tahukah Anda? Layar pada ponsel punya refresh rate yang lebih tinggi lho dari 60 Hz. Misalnya, 90 Hz atau 120 Hz. Artinya layar bisa terlihat lebih mulus saat di-scroll ataupun saat bermain game. Tapi sayangnya tidak semua ponsel menghadirkan laju penyegaran tinggi, hanya ponsel yang mahal-mahal saja.

Tapi semua berubah semenjak realme “menyerang” dengan ponsel-ponsel murahnya. Contohnya saja seperti realme 7 dan 7i, lalu ada juga realme Narzo. Ketiga ponsel ini merupakan yang termurah yang sudah menghadirkan opsi laju penyegaran 90 Hz. Baru lah setelah itu, merk-merk lain mulai mengikuti untuk turut menyertakan ponsel terjangkau dengan 90 Hz.

5. Segmen Pasar yang Beragam

realme x50 pro

Anda mungkin mengira kalau realme itu adalah merk yang melekat dengan identitas rakyat jelata. Tapi tunggu dulu, mereka juga punya seri flagship yang berdaya saing tinggi, yakni seri X.

Beberapa produk andalan seperti realme X50 Pro, X3 SuperZoom, dan realme X2 Pro sungguh menawarkan kualitas dan spesifikasi tinggi nan premium. Di pangsa pasar entry level, juga ada realme seri C seperti realme C15 dan C17. Lagi-lagi, sekalipun harganya murah, spesifikasinya tidak murahan.

realme C17 saja bahkan sudah menghadirkan memori internal 256 GB di harga Rp2 jutaan. Coba deh cari merk lain yang bisa menyainginya, paling hanya segelintir merk saja. Kalau di segmen mid range ada realme seri angka.

Malahan, realme juga punya “anak seri” bernama Narzo yang ditargetkan untuk warga generasi Z, alias anak muda yang aktif bergerak, hobi gaming, dan fotografi. Jadi intinya, setiap kali realme menyongsong segmen harga manapun, merk lain harus siap-siap perbanyak dzikir agar tidak dilepas.

6. Build Quality Bodi yang Bagus

realme c15 holiday edition tahan percikan air

Sebagai salah satu benda yang paling sering dipegang konsumen, tentu HP memerlukan build quality yang bagus agar enak digenggam dan tidak mudah rusak atas keteledoran pengguna. Apakah Anda tahu? HP realme seringkali dibekali dengan perlindungan dari percikan air sehingga membuatnya lebih awet.

Dan juga, perusahaan ini mengklaim bahwa mereka senantiasa melakukan uji coba tombol dan konektor casan hingga ribuan dan bahkan ratus ribuan kali. Hal ini dilakukan untuk memastikan tombol tidak akan mudah rusak sekali pun Anda sudah menggunakannya dalam waktu yang lama.

7. Reputasi yang Melonjak Naik dengan Cepat

Realme X

Untuk merk yang usianya baru sebentar seperti realme, biasanya proses untuk menaiki tangga kesuksesan akan berlangsung dengan waktu yang lama. Tapi hal ini tidak berlaku bagi realme yang reputasinya langsung melonjak dengan cepat, membuatnya salah satu merk smartphone terbaik yang tidak bisa dianggap remeh kualitasnya.

Per-November 2020, riset Counterpoint mencatat bahwa realme berhasil melakukan penjualan 50 juta produk, membuatnya jadi salah satu brand dengan pertumbuhan tercepat dan bahkan sampai melampaui perkiraan penjualan. Ini artinya, pengguna tidak perlu khawatir untuk menggunakan ponsel realme. Dengan track record-nya yang pendek namun masif, realme terbukti berhasil menarik minat dari jutaan orang lainnya.

Kekurangan realme

realme sebagai brand memang berkualitas. Tapi jangan tutup sebelah mata, karena merk ini tentu punya beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan.

1. Portofolio Produk Kurang Bervariasi

realme-Watch-S

realme sejatinya memang merupakan merk smartphone. Akan tetapi, zaman sekarang sudah mulai berubah ke arah ekosistem IoT (Internet of Things). Inilah yang membuat produsen HP seperti Huawei dan Xiaomi merambah ke hal-hal lain.

Misalnya saja seperti Xiaomi yang juga menyuguhkan Smart TV, speaker Bluetooth, TWS, dan lain-lain. Malahan, jangan kaget kalau Anda menemukan merk pulpen, robot penyapu, sepeda, hingga otopet bernama Xiaomi.

Bagaimana dengan realme? Well sejauh ini kita sudah dapat menemukan speaker, smart watch, sikat gigi elektrik, dan TWS dari realme. Bahkan sub-brand dari OPPO ini juga sudah merilis realme TV yang berkualitas.

Tapi koleksi jajaran produknya masih belum semasif dan se-diverse Xiaomi. Ini karena brand realme sendiri masih terbilang pemain muda dibanding Xiaomi. Kalau nanti portofolio produknya realme sudah besar, dijamin merk ini akan semakin tidak tertandingi.

2. Belum Hadirkan Ponsel Khusus Gaming

Black Shark 3

Seringkali para penggemar membandingkan realme dengan Xiaomi. Soalnya kedua merk ini memang punya banyak kesamaan dari segi target pasarnya. Sama-sama menawarkan value tinggi dengan harga yang terjangkau.

Nah, Xiaomi sendiri sudah punya sub-brand dengan nama Black Shark, yakni seri HP gaming yang begitu dahsyat performanya. Beberapa pesaing utamanya adalah ASUS ROG Phone dan Lenovo Legion. Kendati demikian, realme nyatanya tidak menghadirkan produk apapun untuk menyaingi Black Shark (saat artikel ini ditulis).

3. Usia Merk Masih Terbilang Muda

realme 2018

Sungguh tidak jarang realme dibanding-bandingkan dengan Xiaomi yang sudah jadi kompetitor beratnya. Terutama, membandingkan realme seri C dengan lini seri Redmi. Suka punya fitur yang mirip-mirip dan akhirnya sebagian pengguna condong ke Redmi. Mengapa?

Pasalnya, Xiaomi memang sudah berdiri duluan sejak lama ketimbang realme yang merupakan pendatang baru. Xiaomi sendiri sudah berdiri sejak tahun 2010, sedangkan realme baru dijadikan merk independen pada tahun 2018. Ini artinya sungguh PR bagi realme kalau mau menyusul Xiaomi, sang merk HP yang terkenal akan value for money yang tinggi.

Kendati demikian, sekarang posisi realme di Indonesia tetap terbilang solid dengan antusiasme masyarakat yang tidak kalah tingginya dengan merk lain. Yang jadi kendalanya lagi, bahwa masyarakat belum tahu seberapa lama siklus pertahanan ponsel realme karena umurnya yang masih pendek.

Nah, sekarang Anda tahu yang membuat realme sebegitu menariknya di mata orang. Sering dianggap HP rakyat jelata, namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Merk realme sendiri cocok untuk orang-orang yang bersifat brand-agnostic, alias tidak mengungguli merk tertentu hanya dari reputasinya saja. Misalnya, tidak melulu beli HP Samsung atau iPhone karena brand-nya yang terkenal.

Melainkan, realme hadir untuk pengguna yang menginginkan value tinggi dengan harga murah yang ditawarkannya. Secara prestige, mungkin tidak akan membuat Anda bangga dengan brand realme.

Tapi dari segi kepuasan saat bermain game, ketahanan baterai, atau kapasitas memori, realme sungguh berdaya saing tinggi dan cocok untuk berbagai kalangan. Sudah siap membawa pulang ponsel realme hari ini? Cari tahu berbagai ponsel realme terbaik yang bisa dibeli pada artikel ini.