Layar gawai yang memiliki banyak goresan tentu bisa mengganggu pengoperasian dan membuat ponsel terlihat jelek. Untuk menghindari goresan-goresan yang tidak diinginkan, sebagian pengguna biasanya menggunakan pelindung layar yang disebut tempered glass, khususnya untuk ponsel yang tidak dibekali dengan proteksi layar bawaan.

Namun, tempered glass lama-kelamaan akan menggelembung dan menjadi tidak rata sehingga menghambat pengoperasian gawai. Nah, jika kamu mengalami hal tersebut, maka kamu harus melepas tempered glass dan menggantinya dengan lapisan baru. Sebelum mengetahui cara melepas tempered glass dengan aman, mari ketahui dulu apa itu tempered glass.

Pengertian Tempered Glass

Sesuai namanya, tempered glass adalah pelindung layar permukaan halus yang terbuat dari bahan plastik kaca tipis yang sangat kuat. Saking tipisnya, tempered glass tidak bisa terlihat sebagai lapisan pelindung pada gawai. Meskipun tipis, tempered glass sangat kuat dan tahan retak.

Lapisan pelindung tipis ini mampu melindungi layar dari benturan dan goresan benda-benda tajam. Jika lapisan pelindung layar tergores, kamu perlu mengganti lapisan tersebut agar dapat digunakan seperti biasanya. Namun, perlu kehati-hatian dalam melepas lapisan pelindung layar yang telah menempel pada permukaan layar gawai.

Cara Melepas Tempered Glass

Ada tiga cara mudah untuk melepaskan tempered glass dengan cepat dan aman.

Melepas dengan Tangan

*Sumber: Tribun News

Tempered glass biasanya dilengkapi dengan lem yang membuat lapisan pelindung menempel erat. Untuk melepaskan rekatannya, lapisan pelindung harus dihangatkan terlebih dahulu. Setelah itu, perlahan kamu dapat melepaskannya.

1. Gunakan Hair Dryer

Matikan gawai lalu panaskan lapisan pelindung kaca dengan menggunakan hair dryer dengan suhu rendah selama 15 detik. Panas dapat membuat longgar rekatan pelindung layar terhadap layar gawai. Dengan cara tersebut lapisan akan lebih mudah dilepas.

Lapisan pelindung harus dipanaskan sebentar dengan tingkat panas yang rendah untuk menghindari kerusakan komponen gawai. Jika hair dryer tidak tersedia, kamu bisa mencoba mencari sumber panas yang lainnya, seperti menempatkan lapisan pelindung dekat kompor panas atau pemantik.

Bisa pula kamu gunakan sumber panas terbuka atau tungku serta kamar mandi beruap yang dapat mengantarkan hangat pada lapisan lem pelindung layar bisa longgar.

2. Angkat Sudut Lapisan dengan Kuku

Cari celah dengan cara menggali sudut lapisan pelindung dengan menggunakan kuku jari tanganmu sampai kamu berhasil mengangkat lapisan pelindungnya. Angkat lapisan pelindung tersebut dengan hati-hati. Jangan coba-coba untuk mengupas lapisannya sekaligus.

Coba kelupas lapisan pelindung dari semua sudut. Biasanya kamu hanya dapat menemukan sudut celah yang dapat diangkat dari bawah. Jika tidak menemukan satu sudut yang tidak bisa diangkat, kamu harus memanaskan terlebih dahulu untuk melonggarkan lem yang menempel pada permukaan gawai.

Jika lapisan tempered glass retak di salah satu sudut yang akan kamu angkat, sebaiknya pilih sudut lain untuk mencegah kerusakannya semakin banyak.

3. Gerakan Jari Tanganmu di bawah Lapisan

Ketika kamu mengelupas lapisan pelindung dari permukaan gawai, lapisan tipis tempered glass akan terpisah dari permukaan di bawahnya. Tepi lapisan tersebut akan terangkat terlebih dahulu.

Gerakan tanganmu di bawah tepi lapisan tersebut untuk menopang lapisan pelindung untuk mencegah kaca pecah. Lakukan ini bahkan ketika muncul retakan kecil agar tidak semakin banyak. Tempered glass sangat tipis sehingga mudah pecah.

Lapisan kaca pelindung yang retak meninggalkan pecahan yang harus kamu kelupas dengan tangan. Kamu harus lebih berhati-hati untuk mencegah terjadinya pecahan kaca yang lebih banyak.

4. Lepas Lapisan Kaca Dengan Perlahan dan Merata

Kelupas lapisan pelindung tersebut dengan rata dan sebanyak mungkin. Geser-geser tanganmu di sepanjang tepi lapisan pelindung yang longgar untuk menghindari satu sisi terangkat lebih banyak. Terus lakukan hal ini sampai retakan kaca hilang. Ulangi proses ini pada ujung yang tersisa.

Retakan sekecil apapun pada pelindung layar dapat ditemukan dengan cara yang sama. Meskipun prosesnya sedikit menjengkelkan, lapisan pelindung akan lebih mudah dikelupas daripada mengelupas pada bagian lapisan utama.

Menggunakan Kartu Kredit

*Sumber: Medici Global

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk melepas tempered glass adalah dengan menggunakan kartu kredit. Kartu kredit juga bisa berguna untuk dipakai melepas tempered glass. Begini caranya untuk melakukannya.

1. Hangatkan Permukaan Layar

Mula-mula hangatkan lapisan tempered glass di bawah suhu rendah selama 15 detik. Gunakan hair dryer jika ada. Bisa juga gunakan peralatan lain yang menghasilkan panas. Sebaiknya hangatkan satu sudut lapisan tempered glass agar lebih mudah diangkat.

2. Gunakan Tusuk Gigi untuk Mengangkat Sudut Tempered Glass

Gunakan ujung tusuk gigi atau sesuatu yang runcing untuk mengangkat satu sudut lapisan tempered glass. Pastikan bahwa tusuk gigi ditempatkan dengan cepat sehingga ia tidak akan merusak apapun yang berada di bawah tempered glass.

Pilih satu sudut dan angkat menggunakan tusuk gigi tersebut. Geser ujung tusuk gigi di bawah tempered glass lalu tarik ke atas sehingga kamu dapat menyelipkan jari di bawahnya. Tusuk gigi adalah opsi. Jika kamu bisa gunakan benda yang berujung runcing lainnya atau bahkan dengan jari tanganmu sendiri.

3. Angkat Lapisan Tempered Glass

Jika kamu telah berhasil menyelipkan jari di bawah lapisan tempered glass, angkat ujung tersebut dengan hati-hati khususnya jika lapisan tempered glass yang telah retak sebelumnya. Tempered glass adalah benda yang mudah rusak menjadi kepingan-kepingan kecil.

Geser-geser jarimu di sepanjang ujung luar tempered glass yang ingin kamu lepaskan. Angkat bagian tersebut secukupnya sampai muat untuk memasukan kartu kredit.

Cara ini bekerja pada lapisan tempered glass yang utuh atau tempered glass memiliki retak sedikit. Tetapi hindari menarik lapisan tempered glass terlalu jauh dalam satu arah. Angkat setiap bagian dengan kecepatan yang sama untuk mencegah pecahan meluas.

4. Selipkan Kartu Kredit

Geserkan kartu kredit di bawah lapisan tempered glass untuk melepaskannya. Posisikan kartu kredit di bawah sudut tempered glass yang kamu angkat. Tekan kartu kredit dengan perlahan dan hati-hati. Kartu akan terpisah dari permukaan layar gawai di bawahnya.

Selain kartu kredit, kamu dapat menggunakan kartu dengan material yang cukup kuat dan keras seperti KTP, kartu ATM atau kartu anggota lainnya. Apabila gawaimu mempunyai bidang layar yang lebih luas seperti layar iPad, gunakan ujung jarimu untuk mengangkat lapisan tempered glass secara merata.

Menggunakan Lakban atau Duct Tape

Selain dua cara di atas, ada satu cara lagi yang dapat kamu gunakan untuk melepas tempered glass pada layar gawai kesayanganmu. Yuk simak cara-caranya.

1. Hangatkan Permukaan Layar

Hangatkan permukaan layar seperti yang telah disebutkan di atas.

2. Balut Dua Jari dengan Duct Tape

Lakban putih atau yang biasa disebut dengan duct tape ini nampaknya item yang punya banyak kegunaan. Ia bisa dijadikan sebagai benda untuk merekatkan dan ternyata bisa gunakan untuk melepaskan tempered glass.

Balut erat dua jarimu (jari telunjuk dan jari tengah) dengan lakban. Posisikan bagian yang lengket menghadap keluar. Tempelkan permukaan yang lengket tersebut pada sudut tempered glass. Pilih sudut yang dapat terangkat pada lakban.

3. Tekan Lakban Pada Sudut Lapisan Tempered Glass

Sudut mana pun sebenarnya boleh selama tidak ada bagian yang retak. Untuk lapisan tempered glass yang retak, pilih ujung yang dapat kamu jangkau dengan lakban. Terus tekan-tekan bagian sudut tersebut sampai sudut tempered glass ikut terangkat.

Jika satu sudut sulit kamu angkat, kamu bisa coba pada sudut lainnya. Terkadang ada saja satu sudut yang sulit terangkat karena lem terlalu kuat menempel sehingga sulit dilonggarkan. Jika kamu masih kesulitan untuk mengangkat sudut tempered glass, panaskan kembali sampai lem melonggar dan bisa diangkat.

4. Gulung Lakban Perlahan dengan Arah Ujung yang Berlawanan

Langkah selanjutnya adalah menggulung jari yang telah dibalut lakban lalu angkat jari tersebut. Gerakan ke arah sudut yang berlawanan. Pastikan sudut lapisan tempered glass ikut terangkat bersamaan dengan gerakan jarimu.

Pada proses ini usahakan lapisan sudut mulai terpisah pada permukaan di bawahnya. Setelah itu kamu dapat melepaskan lapisan tersebut. Gunakan lakban pada bagian tersisa yang belum terangkat.

Mudah sekali, bukan? Kamu tidak membutuhkan peralatan yang sulit dicari untuk melepaskan tempered glass dari permukaan layar gawai. Semoga kamu sukses melakukannya di rumah. Cek juga bahasan ini: 5 Tahapan Memasang Tempered Glass dengan Mudah.