Mencari aplikasi pengganti Photoshop gratis? Walaupun photoshop adalah software pengeditan gambar yang paling banyak digunakan, namun nyatanya harga aplikasi ini cukup mahal bagi sebagian orang yang jarang menggunakannya atau hanya menggunakan aplikasi ini untuk pekerjaan dasar saja.

Ada banyak alternatif yang bisa Anda gunakan secara gratis dan legal. Kami telah memilih 5 program grafik terpopuler dengan fungsi yang serupa, yang sangat menarik untuk Anda. Beberapa diantaranya sangat cocok untuk retouching gambar dasar, dan beberapa aplikasi lainnya bagus untuk desain grafis, dan bisa digunakan untuk berbagai tugas menggambar digital.

1. GIMP

gimp-free-photoshop-alternative-interface (Copy)

Kelebihan: Kekurangan:
●      Mendukung RAW dan PSD

●      Banyak add-on yang bisa diunduh

●      Antarmuka bisa diatur

●      Gratis, open-source

●      Tidak ada

Fungsionalitas dasar dari Photoshop klasik diimplementasikan sepenuhnya dalam software ini. Anda bisa melakukan edit foto, membuat collage, poster dan gambar dari nol, membuat layout buku dan prototipe situs.

Aplikasi ini juga kompatibel tidak hanya dengan Windows, tetapi juga dengan macOS dan Linux. Antarmukanya pun dapat diatur dengan mudah, sehingga Anda bisa menggunakan jendela dan toolbar sesuai kebutuhan Anda. Namun, sama halnya seperti Photoshop, software ini agak sulit dipelajari, sehingga memerlukan beberapa tutorial hingga akhirnya Anda bisa memanfaatkan software ini.

gimp-free-photoshop-alternative (Copy)

Aplikasi alternatif Photoshop gratis ini menawarkan banyak plug-in berguna dan alat Resynthesizer yang mirip dengan Content-Aware Fill di Photoshop. Dengan aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah menghilangkan objek dari foto dengan mudah, bahkan jika latar dari foto tersebut terbilang kompleks.

2. Photoshop Online

photoshop-online-free-photoshop-alternative-interface (Copy)

Kelebihan: Kekurangan:
●      Simpan file dalam PSD

●      Fitur drag-and-drop

 

 ●      Hanya filter dan opsi dasar

●      Banyak iklan

Photoshop Online memungkinkan Anda menambahkan filter, teks, crop, mengubah ukuran gambar dan melakukan berbagai manipulasi dengan berbagai effect dan fitur yang tersedia. Antarmukanya bisa dibilang mirip dengan Photoshop Elements sehingga mempermudah Anda dalam mengoperasikan program ini tanpa perlu latihan.

Pengganti Photoshop gratis ini menyediakan alat pengeditan dasar dengan kolom akurat di dekat ujung bidang kerja. Bahkan, untuk aplikasi webnya bisa dibilang memiliki performa yang cukup lancar, meskipun tetap bergantung pada kecepatan koneksi Anda.

photoshop-online-free-photoshop-alternative (Copy)

Tidak hanya itu saja, terdapat template siap pakai untuk jaringan sosial yang memungkinkan Anda untuk membuat banner dan sampul dengan cepat. Aplikasi ini juga menawarkan gambar gratis dengan overlay teks, dimana semua fiturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

3. Pixlr Editor

pixlr-editor-free-photoshop-alternative-interface (Copy)

Kelebihan: Kekurangan:
●      Mendukung layer

●      Alur kerja intuitif

●      Aplikasi web dapat diakses dari           semua browser

●      Beberapa opsi dalam beta

●      Tidak bisa digunakan offline

Antarmuka, layer, dan mask dari editor online ini sebagian besar mirip dengan Photoshop. Dengan pixlr editor, Anda bisa melakukan tugas pengeditan dasar, seperti vignetting, koreksi warna, mengatur saturasi, kontras dan menambahkan frame. Alur kerjanya pun sangat intuitif. Anda bisa drag-and-drop gambar dari komputer Anda, menambahkan URL, dan mulai mengedit menggunakan filter dan slider hanya dengan satu klik.

pixlr-editor-free-photoshop-alternative (Copy)

Walaupun ini adalah aplikasi web, namun Anda tetap bisa bekerja dengan layer. Sayangnya, masih terdapat beberapa kekurangan dalam fitur esensial. Sebagai contoh, pengembang aplikasi ini belum membuat kuas custom untuk memudahkan pengeditan.

Secara keseluruhan Pixrl Editor memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami untuk pengeditan gambar tingkat menengah. Jika Anda memerlukan layanan pengeditan foto profesional, Anda bisa menggunakan retoucher foto dari FixThePhoto.

4. Krita

krita-free-photoshop-alternative-interface (Copy)

Kelebihan: Kekurangan:
●      Dukungan tablet menggambar

●      Kuas dapat disesuaikan

●      Tidak mendukung format RAW

●      Kompatibilitas buruk dengan PSD

●      Fungsi baru tidak diuji dengan baik

Krita adalah salah satu aplikasi pengganti Photoshop gratis terbaik karena memiliki fitur yang hampir sebagian besar sama, termasuk mask, alat transformasi, palet warna lengkap dan juga lebih dari 100 kuas profesional dengan stabilizer untuk tangan gemetar, mesin kuas, dan manajer sumber daya kuas. Anda bisa mengimpor kuas dari program lain untuk menambah koleksi Anda.

krita-free-photoshop-alternative (Copy)

Selain itu, software ini juga memiliki alat vektor dan teks untuk membuat panel komik, template gelembung dan callout dalam format vektor SVG. Tak hanya itu, Krita juga sudah dilengkapi dengan panduan tips umum, dan cara pengoperasiannya pun hampir sama seperti di Photoshop. Dengan versi terbarunya, Krita sudah mendukung macOS dan Windows, dan termasuk sebagai aplikasi yang ringan.

5. PhotoScape X

photoscape-x-free-photoshop-alternative-interface (Copy)

Kelebihan: Kekurangan:
●      Cocok untuk pemula

●      Pemrosesan batch

●      Antarmuka sulit dinavigasikan

●      Lambat jika bekerja dengan file besar

●      Pilihan alat terbatas

Pengganti Photoshop gratis ini memungkinkan Anda untuk menambah teks dan grafik ke foto dan menggunakan berbagai kuas. Dengan PhotoScapeX, Anda bisa melakukan pengeditan batch, penangkapan layar, membuat animasi GIF, mengedit file RAW, dan masih banyak lagi. Selain itu, tersedia filter dan alat yang mudah digunakan untuk memperbaiki gambar.

Software ini cocok bagi pemula karena mudah digunakan dan memiliki label. Anda bisa mengatur berbagai parameter ketika mengedit, dan Anda juga memiliki opsi undo sehingga Anda tidak perlu khawatir jika Anda melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai. Anda bisa redo jika perlu.

photoscape-x-free-photoshop-alternative (Copy)

Kelebihan lain dari software ini adalah mendukung pengeditan batch. Sangat nyaman bagi pengguna yang harus mengedit banyak gambar setiap harinya. Dengan PhotoScapeX, Anda bisa mengubah nama atau ukuran file Anda dan melakukan konversi.

Nah itu dia 5 alternatif Photoshop yang bisa Anda pilih untuk mempermudah penyuntingan foto. Jadi, aplikasi manakah yang ingin segera Anda coba? Jangan lupa bagikan pengalaman Anda di kolom komentar ya!