Bagi kamu yang tengah merampungkan skripsi atau lagi melakukan riset, tentunya kamu membutuhkan referensi seperti makalah, artikel, jurnal ilmiah atau yang lainnya untuk memperkuat hasil penelitian tersebut. Kamu juga pastinya akrab dengan situs-situs penyedia jurnal yang berseliweran di internet, salah satu yang tidak asing yakni academia.edu.

Bagi yang belum tahu, academia.edu adalah wadah untuk berbagi penelitian akademis. Diungkapkan dari situs resminya, Academia menyuguhkan 22 juta beragam dokumen dan 31 juta akademisi, profesional, serta siswa yang membaca dokumen di platform tersebut dalam satu bulan.

Kehadiran Academia tidak sekadar sebagai penyedia dokumen, tetapi juga membawa misi untuk membantu dan mempercepat proses penelitian setiap individu atau institusi di seluruh dunia dalam berbagai bidang kehidupan. Adapun beberapa tujuan dari berdirinya Academia yaitu memastikan bahwa setiap dokumen yang ditulis tersedia di internet dan dapat diakses secara gratis.

Tidak hanya itu, Academia bermaksud untuk membangun sistem distribusi dokumen tercepat dan paling relevan di dunia, memberikan kepercayaan terhadap dokumen dan klaim individu dalam mengunggah dokumen di Academia, dan memungkinkan berbagai pengetahuan dalam format yang efektif dan baru seperti kumpulan data, kode, video, hingga konten berformasi pendek.

Untuk yang pertama kali mampir ke Academia mungkin akan dibuat kebingungan dengan tampilan yang ada, bagaimana cara membacanya sebuah dokumen secara full atau bahkan bagaimana cara untuk mengunduh dokumen tersebut sebagai bahan bacaan di waktu senggang.

Nah, ternyata untuk mengunduh atau download dokumen di portal tersebut kamu terlebih dahulu diharuskan untuk Log In menggunakan alamat email. Proses Log in tersebut, tak jarang membuat banyak orang mengurungkan niat untuk mengunduh dokumen yang diinginkan di Academia karena dirasa akan memakan banyak waktu.

Lalu, bagaimana cara untuk mengunduh dokumen di Academia tanpa ribet atau cepat? Tenang! Dalam mengatasi permasalahan yang satu ini Carisinyal sudah punya solusinya untuk kamu. Dengan membaca artikel ini sampai tuntas, kamu akan diajak untuk mengetahui cara mengunduh dokumen di Academia. Yuk, langsung saja simak cara-caranya!

1. Download Dokumen Academia dengan Log In

Metode yang satu ini mungkin cocok buat kamu yang sering hilir mudik masuk ke situs Academia. Sebab dengan metode Log In membuat kamu lebih praktis dan cepat saat ingin mengunduh dokumen Academia yang diinginkan. Yuk, langsung saja perhatikan langkah-langkah mendapatkan dokumen di Academia dengan cara Log In!

  • Pertama-tama bukalah mesin pencari yang ada di perangkat komputer/laptop atau ponsel pintar.

C. Unduh Academia 1

  • Ketiklah di kolom pencarian Academia.edu. Selanjutnya kamu harus Log In, ada beberapa opsi untuk Log In yaitu dengan terhubung dengan Facebook, Google, Apple atau memasukkan email dan kata sandi.
  • Bila kamu belum mempunyai akun, segera membuatnya dengan menekan menu Sign Up yang berada di bagian bawah laman Academia.edu. Isilah nama depan, nama belakang, alamat email dan kata sandi. Terus pilihlah tombol Sign Up.

C. Unduh Academia 2

  • Setelah proses Log In atau Sign Up berhasil dilakukan, kamu bisa memulai mencari dokumen yang diinginkan pada kolom Search pada laman situs Academia.

C. Unduh Academia 3

  • Lalu, ketiklah kata kunci dokumen di kolom tersebut.

C. Unduh Academia 4

  • Kemudian muncul dokumen yang kamu inginkan, tekanlah menu Download.

C. Unduh Academia 5

  • Selepas menekan menu Download, nanti akan muncul kolom pesan. Kamu bisa mengirimkan pesan kepada pemilik dokumen tersebut mengenai tujuan atau alasan ingin memperoleh dokumennya, lalu jika sudah klik Send. Namun, kamu juga bisa menghiraukan kotak dan tidak harus mengisi pesan dengan menekan tombol Skip.
  • Setelah menekan menu Send atau Skip, secara otomatis dokumen akan terunduh dalam hitungan detik tergantung jaringan Internet yang kamu miliki.

C. Unduh Academia 6

  • Dokumen Academia yang diinginkan jika berhasil terunduh akan muncul di bawah laman Academia. Kamu juga bisa membuktikan keberhasilan dalam mengunduh dokumen Academia di folder Download yang ada di perangkat komputer/laptop atau ponsel pintar.

2. Download Dokumen Academia Tanpa Harus Log In

Sebenarnya untuk mendapatkan dokumen Academia, kamu bisa Log In terlebih dahulu dengan akun Academia milikmu dan setelah itu kamu pun bebas untuk mengunduh berkas apapun di Academia. Untuk mendaftarkan diri dan mempunyai akun Academia jelas gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun.

Terkhusus untuk kamu yang tidak ingin ribet alias tidak mau membuat akun Academia terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan metode ini dengan memanfaatkan web tools DocDownload. Alat ini bukanlah aplikasi yang harus diunduh dan dipasang di perangkat komputer atau ponsel pintar, tetapi sebuah situs yang mampu mengkonversi dokumen publikasi di Academia menjadi file PDF.

Bisa dikatakan ini adalah metode tanpa Log In untuk mengunduh atau download dokumen yang ada di situs Academia. Caranya bagaimana? Langsung simak uraiannya di bawah ini:

  • Tahapan awal yang harus kamu lakukan adalah membuka mesin pencarian atau browser di perangkat komputer/laptop atau ponsel pintar.
  • Langkah berikutnya yaitu menuju situs Academia, kamu bisa mengetiknya di kolom pencarian.

A. Unduh Academia 1

  • Selanjutnya ketiklah kata kunci dokumen yang ingin dicari dan diunduh.
  • Setelah menemukan dokumen yang akan diunduh, kliklah dokumen tersebut.

A. Unduh Academia 2

  • Lalu, pergilah ke kolom pencarian untuk menyalin tautan atau link dari dokumen Academia yang diinginkan oleh kamu.

A. Unduh Academia 3

  • Setelah melakukan proses penyalinan tautan, dilanjutkan dengan mengunjungi situs DocDownloader. Kamu bisa mengetiknya di kolom pencarian mesin pencari atau klik di sini.
  • Dalam laman situs tersebut ada beberapa menu mulai dari Scribd, ISSUU, Slideshare, dan Academia. Pilihlah menu Academia karena kamu akan mengunduh dokumen yang berasal dari Academia.

A. Unduh Academia 5

  • Masukkan tautan yang telah tersalin tadi di kolom Please input document url yang ada di laman DocDownloader.

A. Unduh Academia 6

  • Barulah setelah itu, kamu harus menekan tombol Get Link, untuk masuk tahapan selanjutnya.

A. Unduh Academia 7

  • Berikutnya kamu akan diarahkan ke tampilan seperti di bawah ini dan dilanjutkan dengan mencentang I am not a robot.
  • Kemudian, kamu harus menekan tombol Download PDF.
  • Tunggulah beberapa saat dan dokumen Academia pun akan kamu dapatkan. Untuk melihat hasil unduhan kamu bisa menuju folder Download yang ada di perangkat komputer/laptop atau ponsel pintar milikmu.

3. Download Dokumen Lewat Academia Downloader

Metode selanjutnya bisa kamu pakai untuk mengunduh dokumen yang berasal di Academia dengan menggunakan Academia Downloader. Jadi, situs ini khusus untuk mereka yang ingin mengunduh atau download dokumen Academia, berbeda dari metode sebelumnya yang bisa memilih menu selain Academia. Perhatikan langkah-langkah berikut ini yang akan diuraikan oleh Carisinyal:

  • Seperti biasa langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuka mesin pencarian bisa Chrome, Mozilla Firefox atau sejenisnya pada perangkat komputer/laptop atau ponsel pintar.
  • Setelah membuka mesin pencarian tersebut, pergilah ke situs Academia untuk menemukan dokumen yang diinginkan.

B. Unduh Academia 1

  • Dilanjutkan dengan menyalin tautan atau link dokumen Academia yang berada di kolom pencarian atau posisinya berada di paling atas, di bawah jajaran tab.
  • Selepas menyalin tautan dokumen yang ingin diunduh, dilanjutkan dengan mengetik AC Downloader di Tab baru pada kolom pencarian mesin pencari.

B. Unduh Academia 2

  • Berikutnya kamu akan melihat kolom untuk menaruh tautan dokumen, taruhlah tautan yang sebelumnya didapatkan di kolom tersebut.

B. Unduh Academia 3

  • Lalu pilihlah tombol Get Link yang berada di kotak kecil berwarna merah.

B. Unduh Academia 4

  • Terakhir kamu harus menekan tombol Download yang berwarna, untuk memulai proses pengunduhan berkas. Tunggulah beberapa saat dan dokumen Academia yang kamu inginkan telah terunduh dan tersimpan di folder Download pada perangkat komputer/laptop atau ponsel pintar.

Setelah membaca tutorial di atas, pastinya kamu tidak akan bingung lagi untuk mengunduh atau download dokumen di Academia, kan? Atau kamu masih pusing dan tidak bisa mendapatkan dokumen Academia yang diinginkan? Coba ceritakan tahapan mana yang tidak bisa, nanti Carisinyal bantu deh!