Di awal 2021, dunia dirgantara dihebohkan dengan insiden jatuhnya pesawat dari maskapai Sriwijaya Air bernomor penerbangan 182. Pesawat domestik yang mengangkut penumpang tujuan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta ke Bandar Udara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat tersebut sebelumnya dikabarkan hilang kontak empat menit setelah lepas landas.

Tragedi hilang kontak hingga jatuhnya SJ-182 tatkala menjadi sorotan media nasional Indonesia dan dunia. Pada dasarnya, kejadian hilang kontak pada pesawat bisa diketahui lebih awal bila menggunakan aplikasi atau perangkat lunak pelacak pesawat.

Aplikasi tersebut jelas membantu memantau pergerakan sebuah pesawat dari bandara keberangkatan ke bandara ketibaan atau tujuan. Dengan gampang pesawat mampu dilacak merujuk pada nama maskapai, nomor penerbangan, rute, tujuan hingga asal keberangkatan. Selain itu, aplikasi dapat membantu kamu jika ingin mengetahui keberadaan pesawat yang ditumpangi oleh orang terdekat sudah sampai mana.

Saat ini aplikasi radar pesawat telah banyak bertebaran di internet yang dapat diunduh dan dipasang pada perangkat komputer/PC atau laptop. Pada artikel kali ini Carisinyal akan menyajikan beberapa aplikasi radar pesawat yang direkomendasikan agar kamu bisa memantau mobilitas pesawat. Langsung saja berikut pemaparan mengenai jajaran aplikasi radar pesawatnya.

1.Flight Radar & Flight Tracker

Flight Radar & Flight Tracker

Flight Radar & Flight Tracker adalah salah satu perangkat lunak pendeteksi pesawat yang dapat dinikmati secara gratis oleh pengguna. OAX menerbitkan aplikasi Flight Radar & Flight Tracker untuk perangkat seluler dengan sistem operasi Android. Akan tetapi, Flight Radar & Flight Tracker juga dapat diunduh dan dipasang untuk perangkat komputer atau PC dengan sistem operasi seperti Windows 7, 8, 8.1, 10 dan bahkan Mac.

Untuk memasang Flight Radar & Flight Tracker, pengguna komputer terlebih dahulu harus memasang emulator. Dilansir dari Browsercamp, pengguna direkomendasi untuk memasang emulator bernama BlueStacks, jika ingin menggunakan Flight Radar & Flight Tracker pada perangkat komputer baik untuk Windows ataupun Mac.

Aplikasi Flight Radar & Flight Tracker menyediakan fitur melihat pergerakan berbagai pesawat, mengecek status penerbangan, informasi keberangkatan dan kedatangan, hingga menemukan bandara dan maskapai penerbangan di seluruh dunia. Bagi kamu yang ingin mengunduh perangkat lunak ini bisa kunjungi situs ini.

2.Flightradar24

Flightradar24

Flightradar24 merupakan aplikasi pelacak pesawat gratis yang dapat dipasang di ponsel pintar juga perangkat komputer. Perangkat lunak ini memiliki banyak fitur mulai dari mengidentifikasi penerbangan, melihat pilot pesawat dalam bentuk 3D, mengetahui detail penerbangan seperti rute, perkiraan waktu kedatangan, waktu keberangkatan aktual, jenis pesawat, kecepatan, hingga ketinggian pesawat.

Tidak hanya itu, lewat aplikasi ini kamu bisa mencari penerbangan seseorang menggunakan nomor penerbangan, bandara atau maskapai penerbangan yang ditumpangi. Juga menyaring penerbangan berdasarkan nama maskapai, ketinggi, dan lain-lain. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi Flightradar24 bisa mampir ke sini.

3. FlightAware

FlightAware

Aplikasi FlightAware memungkinkan kamu untuk melacak status penerbangan secara real-time dan peta yang mampu melacak penerbangan apa pun. FlightAware dapat melacak penerbangan umum (pribadi, charter, dll) atau penerbangan maskapai.

Dengan aplikasi ini pengguna dapat menerima pemberitahuan lewat e-mail mengenai informasi penerbangan, melihat penundaan bandara, penerbangan terdekat, dan banyak lagi. Kamu juga bisa mencari penerbangan berdasarkan nomor penerbangan, registrasi pesawat, rute, maskapai penerbangan, pasangan kota, atau kode bandara.

Aplikasi yang mencangkup detail penerbangan dan didukung dengan teknologi peta layar penuh dengan radar NEXRAD ini bisa kamu pasang di laptop berbasis Windows. Dapatkan aplikasinya di sini!

4. Flight Radar

Flight Radar

Flight Radar adalah sebuah aplikasi pelacakan penerbangan secara global yang diperuntukan perangkat Windows 10, juga termasuk desktop, tablet, dan ponsel pintar. Flight Radar memberikan informasi secara real-time tentang ribuan pesawat di seluruh dunia.

Flight Radar telah diperbarui sebanyak tiga kali, pada versi terbarunya aplikasi ini memiliki visual yang lebih baik untuk penerbangan yang masih mengudara. Selain itu, User Interface (UI) mengalami peningkatan dan menampilkan lebih banyak informasi seperti detail informasi pesawat, bandara, cuaca.

Aplikasi besutan Snake Chia pada Januari 2017 ini juga memiliki tampilan kokpit yang lebih realistis. Flight Radar mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga tidak memakan ruangan penyimpanan pada laptop. Bagi kamu yang ingin memasang aplikasi ini bisa mengunduhnya di sini.

5. Plane Finder 3D

Plane Finder 3D

Plane Finder 3D merupakan salah satu aplikasi radar pesawat yang diperuntukan bagi pengguna laptop berbasis sistem operasi Mac. Aplikasi yang dikembangkan oleh com.pinkfroot ini mampu melacak pesawat yang terbang di seluruh dunia secara real-time. 

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang menarik yaitu penggunaan teknologi 3D yang kuat dengan pengaturan sederhana atau ramah pengguna (user friendly). Adapun fitur lain yang tersemat di Plane Finder 3D seperti pengaturan memutar peta global, memperbesar dan memperkecil untuk melihat detail pesawat, bandara, nomor penerbangan, dan lain-lain.

Plane Finder 3D bekerja dengan mengambil sinyal ADS-B secara real-time yang digunakan oleh pesawat untuk mengirimkan data terkait posisi pesawat ke penerima di darat. Teknologi ini mampu beroperasi lebih cepat dari radar tradisional dan digunakan untuk mengawasi lalu lintas udara serta navigasi. Dapatkan segera aplikasinya di sini.

6. AirNav Live Flight Tracker

AirNav Live Flight Tracker

AirNav Live Flight Tracker adalah perangkat lunak pelacakan penerbangan pertama dan satu-satunya yang mengintegrasikan data penerbangan dari FAA Radar Systems (ASDI) dan sistem AirNAv di seluruh dunia dengan memanfaatkan Mode-s/ADS-B jaringan, menghasilkan sekitar 7000 penerbangan yang terlacak di seluruh dunia.

Aplikasi ini mampu melacak dengan cepat dan mudah dijalankan hanya dengan beberapa klik menggunakan mouse atau touchpad. Saat kamu menggerakan cursor ke atas peta digital pada aplikasi radar pesawat ini, maka kamu akan melihat informasi penerbangan secara rinci seperti nomor penerbangan, asal, tujuan, nama maskapai, ketinggian, arah, kecepatan, waktu yang telah berlalu, dan waktu yang tersisa

Fitur unggulan lain dari AirNave Live Flight Tracker mampu mendeteksi semua penerbangan pesawat, tampilan grafik yang ulung, pelacakan dengan multi-window, foto pesawat, hingga informasi bandara secara langsung. Aplikasi besutan AirNav Systems ini dapat diunduh secara gratis oleh pengguna laptop Windows di sini.

7. AirNav.RadarBox

RadarBox

AirNav.RadarBox adalah aplikasi deteksi pesawat yang dikembangkan oleh AirNan Systems LLC. Aplikasi ini dapat dipasang di perangkat laptop Windows dengan batuan emulator seperti BlueStacks dan NoxPlayer. AirNav.RadarBox mengklaim dapat mendeteksi pesawat atau penerbangan di seluruh dunia secara akurat.

Aplikasi yang berjalan secara real-time ini mampu mengecek informasi pesawat mulai dari rute, model, altitude, posisi, hingga kecepatan. Adapun fitur lainnya seperti menu cuaca, pencarian pesawat, kedatangan dan keberangkatan pesawat, dan masih banyak lagi.

AirNav.RadarBox memperoleh data dari Multi-sumber di antaranya ADS-B, ASDI, Oceanic, hingga Satelit yang membuatnya memberikan informasi dengan akurasi yang tinggi. Aplikasi ini dapat dinikmati dan diunduh secara gratis di sini.

8. FlightView

FlightView

Dirilis pada Maret 2018, FlightView menawarkan informasi penerbangan secara real-time dan mendeteksi pesawat yang akan lepas landas dan tiba di seluruh dunia melalui notifikasi. Selain itu, kamu juga dapat mengecek informasi gerbang atau gate bandara, delay dan pembatalan pesawat, hingga melihat progres penerbangan lewat peta digital yang menarik.

FlightView juga dilengkapi dengan keunggulan lain yang tidak kalah keren seperti mendeteksi cuaca, terintegrasi dengan Google Maps, melihat informasi klaim bagasi, dan mencari penerbangan untuk 350 hari ke depan.

Kamu juga bisa membagikan perjalanan pesawat pada akun media sosialmu (Facebook dan Twitter). Aplikasi ini dapat dipasang secara gratis di laptop berbasis Windows. Berminat untuk memasang FlightView? Dapatkan di sini!

9. Flight Hero

Flight Hero

Aplikasi yang dikembangkan oleh Airline Flight Status Tracking, Flight Hero yaitu sebuah aplikasi pelacakan pesawat yang menyuguhkan informasi secara real-time dan membantumu mengetahui status penerbangan. Flight Hero juga dapat menunjukkan informasi keberangkatan dan kedatangan, keterlambatan, dan cuaca di sekitar bandara dalam 15 hari ke depan.

Informasi dari keberangkatan, kedatangan, keterlambatan, hingga pembatalan dapat kamu terima lewat push notification, SMS, e-mail, Twitter, dan Facebook. Pun, Flight Hero dapat menaungi informasi untuk 1550 maskapai (komersial, kargo, charters) dan 17.000 bandara yang ada di seluruh dunia.

Aplikasi Flight Hero dapat dipasang pada perangkat laptop berbasis sistem operasi Windows, untuk mendapatkan perangkat lunak ini kamu bisa mengunjunginya di sini.

10. Plane Flight Tracker

Plane Flight Tracker

Yang satu ini mungkin lebih praktis digunakan karena kamu tidak perlu mengunduh dan memasangnya di perangkat komputer, Plane Flight Tracker. Plane Flight Tracker dapat dinikmati secara online oleh pengguna ponsel pintar berbasis iOS maupun Android tentunya perangkat komputer Windows dan Mac OS.

Plane Flight Tracker mampu menampilkan informasi pelacakan pesawat terbang dan lalu lintas udara di seluruh dunia secara real-time. Ada beberapa menu di Plane Flight Tracker yang dapat kamu kunjungi seperti mencari bandara yang dikategorikan berdasarkan benua, data maskapai penerbangan, mengetahui informasi keberangkatan dan kedatangan berdasarkan nomor penerbangan, dan masih banyak lagi.

Melalui Plane Flight Tracker, kamu juga dapat membaca berita seputar industri penerbangan. Nah, bagi kamu yang ingin menjelajahi Plane Flight Tracker, bisa mampir di sini.

Ternyata banyak juga pilihan aplikasi di PC/laptop untuk melacak radar pesawat. Dengan aplikasi radar pesawat ini, kamu bisa melihat status penerbanganmu dan tidak perlu khawatir kalau orang terdekatmu naik pesawat karena bisa terpantau mobilitasnya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan jangan lupa terus ikuti blog Carisinyal, yah!