Generasi milenial dan yang sebelumnya mungkin tak pernah membayangkan bahwa abad ke-21 bakal melahirkan satu benda kecil. Benda kecil yang awalnya hanya sebagai penghubung antarmanusia itu kini menjadi barang penting serbaguna.

Tidak hanya manusia dengan manusia yang ia hubungkan, tapi juga manusia dengan seluruh aktivitasnya. Mari kita sebut benda kecil yang powerfull itu dengan nama smartphone. Anda tentu tahu bahwa smartphone sudah seperti pasangan hidup.

Pasalnya, saat kita memerlukan apa pun, smartphone selalu bisa membantu. Bahkan, ketika kita lupa mematikan AC (Air Conditioner) di rumah, smartphone bisa mematikannya dari jarak ribuan kilometer!

Hal yang seperti itu bukanlah sesuatu yang mustahil jika Anda memilih Samsung Galaxy A72 sebagai teman. Sebab, Galaxy A72 telah dirancang untuk bisa terhubung dengan berbagai perangkat penunjang kehidupan dalam ekosistem Samsung.

Spesifikasi Samsung Galaxy A72

  • Layar: Super AMOLED 6,7 inci Full HD+, 90 Hz, 800 nit
  • Chipset: Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2,3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1,8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128/8 GB, 256/8 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot bersama SIM) hingga 1 TB
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 12 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Ion 5000 mAh, tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya…

Samsung Galaxy A72: Sang Penghubung dan Pengendali

Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi, bilang, pihaknya berharap setiap perangkat terbaru Samsung mampu memenuhi kebutuhan dan memaksimalkan produktivitas pengguna. Menariknya, berbagai perangkat itu bisa kita pantau dan kendalikan dari smartphone Samsung Galaxy A72.

Sehingga, Galaxy A72 berperan sebagai kepanjangan tangan bagi penggunanya dalam setiap aktivitas. Lantas, apa saja sih yang bisa kita lakukan dengan perangkat-perangkat canggih Samsung? Serta bagaimana Galaxy A72 memantau dan mengendalikannya?

Berolahraga dan Sejukkan Pikiran

Masa pandemi Covid-19 yang belum kunjung selesai membuat setiap orang mesti senantiasa berhati-hati. Namun, bukan berarti kita harus terus-terusan berdiam diri di rumah. Melakukan hal monoton di rumah saja bisa bikin Anda stres.

Padahal, syarat utama agar tubuh kita punya imunitas yang bagus untuk bisa melawan virus adalah sehat dan bahagia. Karena itu, Anda mesti aktif bergerak dengan olahraga apa saja. Mau berlari, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

Beruntung Samsung punya Galaxy A72, Galaxy Fit2, dan Samsung Health. Kombinasi ketiganya akan memandu Anda agar tetap sehat.

“Untuk mendukung lifestyle yang aktif, Galaxy A72 bisa terhubung dengan Samsung FIt 2 dan Samsung Health yang dapat memberikan informasi penting seputar kesehatan pengguna,” kata Irfan Rinaldi.

Seluruh aksi Anda dalam berolahraga bakal dicatat hasilnya oleh gelang pintar Samsung Galaxy Fit2. Kalau Anda sedang berlari atau bersepeda, gelang pintar ini akan merekam rute, jarak kecepatan Anda secara real time. Dengan melihat data yang direkam, Anda pun bisa termotivasi untuk melakukan lebih pada hari selanjutnya.

Kemudian, Galaxy Fit2 juga bisa memantau detak jantung Anda. Hal ini penting agar Anda tetap memperhatikan waktu untuk beristirahat. Data-data yang dicatat Galaxy Fit2 bisa Anda lihat di layarnya secara langsung. Bisa juga dipantau di smartphone Galaxy A72 melalui aplikasi Samsung Health.

Tak cuma itu yang bisa dilakukan Galaxy Fit2 bersama Galaxy A72. Sebab, kedua perangkat ini pun mampu memberi tahu level stres Anda. Jika sudah begitu, ikuti saja tutorial praktik pernapasan seperti yoga yang ada di Samsung Health untuk kembali menyejukkan pikiran.

Anda yang sedang asyik berolahraga pun tak perlu risau jika ada pesan atau panggilan yang masuk. Soalnya, Galaxy Fit 2 akan memunculkan notifikasi di layarnya secara langsung. Terakhir, gelang pintar yang kedap air ini juga akan mengingatkan Anda agar selalu rutin mencuci tangan dengan sabun.

Berbagi Kebahagiaan dengan Orang Terdekat

Membuka foto atau video lama yang lucu tidak hanya akan membawa kita untuk bernostalgia. Lebih dari itu, energi positif penuh kebahagiaan bisa muncul dalam wujud senyum dan tawa.

Dalam momen tersebut, tidak ada salahnya jika Anda membagikan apa yang tengah dirasakan kepada orang-orang terdekat. Baik itu kepada sahabat atau keluarga. Samsung pun mengerti akan hal itu dengan menghadirkan fitur Quick Share.

Quick Share dapat membagikan foto, video, atau file lain dengan beberapa sahabat atau keluarga terdekat Anda secara cepat tanpa melakukan pairing. Asyiknya lagi, tidak ada batasan ukuran file yang hendak Anda kirim. Bahkan Samsung menyediakan penyimpanan cloud yang memungkinkan teman Anda mengaksesnya di lain waktu.

Selain foto dan video, alunan musik juga bisa memengaruhi suasana hati. Ketika tengah menemukan lagu yang cocok untuk menggambarkan perasaan saat itu, Anda mungkin saja juga ingin berbagai kepada pasangan atau teman.

Dulu hal itu tidak mungkin dilakukan saat Anda memutar lagu tersebut dengan headset. Namun, kini bisa dilakukan sejak Samsung punya fitur bernama Music Share. Melalui fitur ini, Anda bisa berbagi musik atau podcast sambil tetap mendengarkannya di headset.

Sebab, dengan koneksi bluetooth, Music Share akan turut membagikan lagu yang sedang Anda mainkan di perangkat lain. Fitur ini memungkinkan untuk menyetel lagu di dua pasang earbuds atau satu pasang earbuds dengan bluetooth speaker.

Meeting Menyenangkan

Situasi pandemi juga membuat berbagai kalangan terpaksa bekerja dari rumah. Entah itu profesional, mahasiswa, atau pelajar kini lebih sering menatap komputer atau laptop agar bisa berinteraksi dengan rekannya. Hanya saja, lama-lama menatap layar komputer bisa membuat Anda merasa lelah dan bosan.

Pertanyaannya, bagaimana caranya supaya meeting lebih asyik dan menyenangkan? Jawabannya adalah Smart View yang ada di Galaxy A72. Aplikasi ini singkatnya berfungsi untuk menghubungkan Galaxy A72 dengan Samsung Smart TV melalui koneksi Wi-Fi. Sehingga, Smart View memungkinkan Anda melakukan video call dengan layar besar sambil duduk ruang keluarga yang nyaman.

Sambil melakukan video call, Anda juga bisa menampilkan presentasi, video, gambar, dan musik agar susaana meeting makin pecah. Saat meeting selesai, tiba-tiba saja Anda lupa menaruh remote. Tenang, dengan Smart View, Galaxy A72 bisa mengendalikan Samsung Smart TV Anda, termasuk untuk mematikannya.

Kendalikan Seluruh Isi Rumah

Seperti yang sudah disinggung di alinea pembuka, Galaxy A72 punya kemampuan mematikan AC dari jarak ribuan kilometer. Di kasus lain, Anda ingin udara di rumah langsung segar saat Anda baru saja tiba. Karena itu, Anda menyalakan AC saat masih berada di perjalanan pulang.

Hal yang mungkin terbersit di pikiran Anda saat ini adalah bagaimana Galaxy A72 bisa melakukan itu semua? Adalah aplikasi SmartThings yang membantu Galaxy A72 mengendalikan berbagai perangkat elektronik di dalam ekosistem Samsung.

Secara singkat, mekanismenya yakni seluruh perangkat elektronik Samsung yang ada di rumah dihubungkan ke benda yang dinamakan SmartThings Hub melalui jaringan WiFi. Benda ini bertugas mengirimkan informasi kepada Anda, sekaligus menerima perintah dari Anda untuk mengendalikan seluruh perangkat yang terhubung.

Bukan hanya AC saja yang bisa Anda kontrol via aplikasi SmartThings di smartphone Galaxy A72. Perangkat lain seperti TV, kulkas, mesin cuci, lampu, saklar, vacuum cleaner robot, sampai kunci rumah bisa juga Anda kendalikan.

Sebagai contoh, untuk lampu, Anda bisa mengatur kecerahan lampu, jadwal menyala, hingga warna yang dipancarkan, Bahkan dengan alat tambahan bernama Samsung SmartThings Multipurpose Sensor, rumah beserta perabot yang ada di dalam rumah Anda jadi semakin pintar. Sebab, dengan perintah suara, seluruh perangkat bisa Anda atur sesuka hati.

“Jadi, banyak hal yang dimudahkan bersama dengan Galaxy A72, sehingga kami berharap keseharian pengguna akan semakin smart dan Awesome,” tutur Irfan Rinaldi.

Membantu pengguna untuk mampu menjalani Smart Living hanyalah satu dari sekian kemampuan Samsung Galaxy A72. Masih banyak fitur canggih lain yang bisa Anda peroleh dengan meminang smartphone ini.

Anda dapat memiliki Samsung Galaxy A72 yang dijual dengan harga Rp5.999.000 (8/128GB) dan Rp6.399.000 (8/256GB). Keterangan lebih lanjut tentang Samsung Galaxy A72, silakan kunjungi laman Samsung Indonesia.