Kamu sudah tahu belum, kalau di Januari 2021 vivo kembali meluncurkan ponsel pintar terbarunya? Lewat sub-brand iQOO, vivo secara resmi mengenalkan iQOO 7 ke publik sebagai perangkat papan atas di kelas gaming.

Ponsel vivo ini hadir dengan kapasitas ruang penyimpanan yang terbilang lega dalam kombinasi 8/128GB dan 12/256GB, sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat menyimpan data maupun memasang aplikasi berukuran besar.

Perangkat yang dibanderol mulai dari CNY3,798 (Rp8,3 jutaan) hingga CNY4,198 (Rp9,1 jutaan) ini telah mewadahi beberapa jaringan teknologi, yang paling mencolok ialah kemunculan jaringan 5G.

Jaringan ini tentunya sangat cocok diberikan pada iQOO 7 sebab punya latensi rendah hingga 1 milidetik yang mendukung performa gaming dan tidak membebani grafis dari GPU perangkat. Untuk mengenal lebih jauh silakan simak spesifikasi vivo iQOO 7 berikut ini:

Spesifikasi vivo iQOO 7

vivo-IQOO-7
  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: AMOLED 6,62 inci
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 48 MP + 13 MP + 13 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 4.000 mAh, tidak dapat dilepas

Kelebihan vivo iQOO 7

Selepas kamu menyimak spesifikasi dari vivo IQOO 7 di atas, mungkin benih-benih rasa ingin tahumu mulai muncul akan kelebihan yang dimiliki ponsel pintar ini. Supaya kamu tidak semakin penasaran, berikut ini Carisinyal sudah merangkum beberapa poin dari kelebihan vivo iQOO 7. Yuk, dibaca sampai beres!

1. Bodi Besar dan Layar Luas

Sebagai ponsel gaming, punya bodi yang besar dan layar yang luas tentunya sangat menguntungkan saat menggulirkan sebuah aplikasi gim. Beruntung, vivo IQOO 7 dibangun dengan dimensi bodi yang lumayan besar dibandingkan pendahulunya yakni 162.2 x 75.8 x 8.7 mm, tidak lupa dilengkapi slot untuk menaruh Dual SIM.

Perangkat baru ini punya layar berukuran 6.62 inci dengan rasio layar-ke-bodi 86.6%, membuat pengguna bisa lebih leluasa menjelajahi layar saat bermain gim.

Tidak hanya itu, pengguna akan disuguhkan dengan kecanggihan dari layar ponsel ini mulai dari berpanelkan AMOLED yang punya saturasi tinggi, laju penyegaran 120Hz memungkinkan pergerakan animasi lebih halus, dan HDR10+ yang menampilkan layar lebih berwarna.

2. Punya Landasan Android 11

Android 11

Dilahirkan pada 2021 vivo tentunya tidak ingin membuat produk garapannya ini ketinggalan tren dalam urusan sistem operasi. Perangkat vivo ini patut berbangga hati sebab telah mengadopsi Android 11 sebagai sistem operasinya.

Lewat sistem operasi mutakhir ini pengguna iQOO 7 akan dihidangkan berbagai fitur menarik mulai dari pengontrol smart home di tombol daya, screenshoot panjang, notifikasi prioritas, hingga akses ke mini gim.

Selain sistem operasinya yang ditingkatkan, vivo iQOO 7 juga menghadirkan tampilan kustomisasi terbaru yakni OriginOS. Mengusung slogan “Brand New World” tampilan antarmuka ini punya desain widget berbentuk persegi yang dinamakan Klotski Grid.

Salah satu fitur yang bisa dicicipi dari OriginOS adalah fitur Nano Alert, mirip Windows Live Tiles, yang menyuguhkan informasi cuaca, penerbangan, sampai pengiriman.

3. Chipset Berkinerja Mumpuni

Qualcomm Snapdragon

Untuk menunjang aktivitas pengguna terutama di kala bermain gim, vivo iQOO 7 tidak segan untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan luar biasa kencang. Hal ini tercermin pada penggunaan prosesornya yaitu Snapdragon 888 dengan teknologi fabrikasi 5 nanometer yang lebih cepat dari Qualcomm SM8350.

Untuk CPU perangkat ini mengusung Octa-core yang terbuat dari satu buah Kryo 680 yang punya kecepatan waktu 2.84 GHz, tiga buah Kryo 680 berukuran 2.42 GHz, dan empat buah Kryo 680 dengan clock speed hingga 1.80 GHz. Sementara, untuk menunjang tampilan grafis yang optimal vivo iQOO 7 merangkul Adreno 660 sebagai kartu grafisnya.

Ponsel yang memiliki kombinasi ruang penyimpanan 8/128 GB dan 12/256 GB ini punya nilai AnTuTu v8 terbilang sangat tinggi yaitu 727.935, yang berarti performa yang dihasilkan sangat gesit dan tangkas. Dengan demikian, tidak heran kalau iQOO 7 bisa menjadi teman terbaik dalam membantu segala produktivitas penggunanya.

4. Kecepatan Bluetooth Terbaru

Bagi sebagian orang membagikan data atau berkas lewat fitur konektivitas Bluetooth masih menjadi sebuah pilihan efisien. Pada vivo iQOO 7 pengguna dapat menjajal versi terbaru dari Bluetooth yang punya beberapa fitur terbaru.

Bluetooth 5.2 telah dibekali LE Audio, LE Kontrol Daya, LE Isochronous Channels, dan Enhanced Attribute Protocol (EATT), jenis yang lebih baik dari Attribute Protocol (ATT).

Dengan begitu, Bluetooth 5.2 pada vivo IQOO 7 mampu menggapai jangkauan yang jauh lebih luas di kala diaktifkan, lebih menghemat konsumsi daya, mentransfer data lebih cepat, dan memungkinkan protokol untuk menghadirkan suara atau kualitas audio yang lebih jernih nan tajam.

5. Penanaman Teknologi NFC

NFC

Di era digital saat ini proses pembayaran sudah dapat dilakukan secara cashless berkat kecanggihan dari teknologi NFC. Kini teknologi tersebut sudah banyak ditanamkan di banyak ponsel pintar tanpa terkecuali pada vivo iQOO 7. Manfaat lain dari adanya NFC pada perangkat ini sebenarnya masih banyak dan tidak hanya sekedar penunjang proses pembayaran digital.

Pengguna vivo iQOO 7 dapat menggunakan fitur NFC untuk membuka sebuah aplikasi secara otomatis, menandai lokasi suatu tempat, melakukan transmisi data, mengakses informasi smart card, hingga menyambungkan perangkat ke perangkat lainnya.

6. Kamera dengan OIS

Nilai jual lain dari vivo iQOO 7 ialah sistem kamera yang dipikulnya. Pada kamera utama, perangkat ini membawa tiga sensor yang terdiri dari sensor utama berkonfigurasi 48 MP dengan diafragma f/1.8 menjanjikan hasil gambar yang detil dan lebih bokeh pada latar belakangnya.

Didukung juga dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilizer) yang mampu mengurangi guncangan dan menjaga keseimbangan saat membidik sebuah objek.

Selain itu, kamera belakang vivo iQOO 7 juga turut mengundang sensor ultrawide berukuran 13 MP dengan bukaan f/2.2. Terakhir, diramaikan oleh sensor makro yang punya resolusi 13 MP beraparture f/2.5 dan punya kekuatan memperbesar optik sebanyak dua kali, sehingga menghasilkan gambar yang lebih dekat dan jelas.

Juga sistem kamera belakangnya semakin afdal dengan penyematan fitur HDR, Panorama, dan Dual-LED dual-tone flash. Beralih pada kamera depan yang memiliki sensor beresolusi 16 MP dengan diafragma f/2.0, mampu mempersembahkan sebuah karya potrait yang merinci.

Terlebih dibantu oleh fitur HDR atau Jangkauan Pencahayaan Dinamis, yang bisa menyeimbangkan kecerahan pada gambar.

7. Menggendong Color Spectrum

Produk besutan vivo ini sungguh bertabur sensor mulai dari sidik jari yang diletakkan di bawah layar dan optik, sensor akselerometer yang digunakan untuk mengukur kecepatan suatu objek, dan sensor gyro yang diperlukan untuk mengetahui gerakan perangkat.

Selain itu, ada juga sensor kompas sebagai penunjuk mata angin serta sensor proximity yang berguna sebagai pengaman layar sentuh dari sentuhan yang tidak disengaja.

Tidak hanya itu, rupanya vivo iQOO 7 menggendong pula sensor color spectrum. Kegunaan sensor ini yakni memastikan kalau warna gambar dari hasil bidikan muncul secara jelas dan alami dalam segala situasi. Kemudian, memproduksi warna yang tajam dan membantu proses pengambilan gambar di ruangan rendah cahaya.

Kekurangan vivo iQOO 7

Sebuah ponsel pintar tidak menutup kemungkinan memiliki kekurangan, seperti halnya pada vivo iQOO 7. Perangkat flagship ini punya beberapa kekurangan dalam beberapa aspek, kendati hal tersebut masih bisa dimaklumi.

Namun, sebagai bahan referensi sebelum kamu memutuskan untuk membeli vivo iQOO 7, Carisinyal akan tetap memaparkan kekurangan dari ponsel pintar ini. Langsung disimak hingga tuntas yah!

1. Bodi Berat dan Ketajaman Piksel Turun

Punya dimensi bodi yang besar sering kali berimbas pada bobot bodi yang menjadi lebih berisi, ini terlihat pula pada bobot bodi yang dimiliki vivo iQOO 7 yakni 209.5 gram. Padahal menurut GSMArena berat rerata ponsel pintar yang ideal adalah berada di antara angka 140 – 170 gram.

Senada dengan TheNextWeb yang menyebutkan pada umumnya ponsel pintar punya berat badan 179.3 gram, hampir seberat bola Billiard. Bagaimana pun vivo iQOO 7 masih nyaman digenggam, kok!

Tidak seperti pendahulunya, vivo iQOO 7 harus mengalami penurunan dalam hal ketajaman piksel. Beresolusi layar 1080 x 2400 piksel, perangkat ini punya ketajaman layar 394 ppi. Jumlah tersebut sedikit lebih kecil dibandingkan milik iQOO 5 yaitu 398 ppi. Kendati demikian, kualitas tampilan dari layar ponsel ini masih terlihat tajam saat dipandang.

2. Kapasitas Baterai Kurang Badak

4000mah

Untuk sebuah ponsel masa kini punya daya berkapasitas 4.000 mAh adalah hal yang umum. Namun, tidak dengan sebuah perangkat yang masuk ke jajaran kelas atas dan gaming seperti vivo iQOO 7. Rasanya untuk baterai 4.000 mAh masih kurang besar untuk vivo iQOO 7, bahkan ukuran ini mengalami penurunan dari pendahulunya yang punya baterai 4.500 mAh.

Sebagai pelipur lara, perangkat ini menghadirkan teknologi pengisian cepat 120W yang menjanjikan mampu mengisi baterai secara penuh atau 100% hanya dalam kurun waktu 15 menit saja. Jadi, meski daya tahan baterainya mungkin tidak bisa menempuh seharian tetapi ponsel pintar ini sangat ngebut dalam mengisi dayanya.

3. Kemunduran Hi-Res Audio

Demi mempersembahkan pengalaman audio yang luar biasa nan nyata saat memutar musik, video atau bahkan bermain gim, kini banyak ponsel pintar yang dibenamkan dengan Hi-Res atau High Resolution Audio. Hi-Res Audio merupakan teknologi suara terbaru yang punya resolusi tinggi dan menghasilkan kualitas mumpuni melebihi mutu audio CD.

Menjadi perangkat keluaran terbaru pastinya vivo iQOO 7 telah memiliki teknologi audio canggih ini, akan tetapi spesifikasi yang dipakai terbilang standar yakni 24-bit/192Khz.

Padahal rekan-rekan pendahulunya seperti iQOO 3 dan iQOO 5 punya jumlah “bit” yang jauh lebih besar, 32-bit/192kHz yang memungkinkan akan mendapatkan sinyal lebih akurat saat diukur dan semakin berjibun informasi lagu yang dapat direkam.

Simpulan

Secara keseluruhan vivo iQOO 7 lebih banyak menghadirkan kelebihan dari pada kekurangannya mulai dari performa yang kencang, sistem kamera yang tinggi, layar yang luas, bodi yang besar, punya landasan sistem operasi terbaru, bertabur sensor hingga kehadiran teknologi NFC dan Bluetooth versi terbaru.

Semuanya ini sangat mendukung berbagai aktivitas yang banyak dan berat. Demikianlah pembedahan mengenai kelebihan dan kekurang dari vivo iQOO 7.

Semoga dapat memberikan faedah dan khazanah, terlebih bagi kamu yang sedang mempertimbangkan membeli ponsel pintar gaming ini. Terus ikuti Carisinyal untuk memperoleh informasi terupdate soal teknologi dan gawai, yah!