Ada ponsel menarik dari vivo yang masuk ke pasaran, Y20s [G]. Atau mari sebut saja Y20s G saja. Ponsel ini bisa dibilang melengkapi vivo Y20 series yang terdiri dari vivo vivo Y20 dan vivo Y20s. Kedua ponsel ini punya perbedaan spesifikasi seperti perbedaan kapasitas RAM dan memori internal

Hal yang sama juga terjadi pada Y20s G. Ponsel ini punya perbedaan dengan vivo Y20 dan vivo Y20s.Harga jualnya pun cukup beda, yakni kisaran Rp2,5 juta. Lantas, seperti apa Y20s G?Untuk tahu jawabannya, yuk baca artikel tentang kelebihan dan kekurangan vivo Y20s G berikut ini.

Spesifikasi vivo Y20s G

Vivo Y20s G

  • Rilis: Februari, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,51 inci
  • Chipset: MetiaTek Helio G80
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5.000 mAh

Kelebihan vivo Y20s G

Punya harga yang lebih murah dari vivo Y20s, mampukah vivo Y20s G menarik minat para fans vivo? Berikut adalah beberapa kelebihannya yang patut Anda pertimbangkan.

1. Chipset Gaming di Kelas Harganya

vivo Y20s G

Harus diakui, kehadiran chipset Mediatek seri G membuat banyak produsen ponsel melirik untuk memakai chipset tersebut. Hal itu pula yang dilakukan vivo dengan vivo Y20s G, yakni hadirkan dapur pacu MediaTek Helio G80.

MediaTek Helio G80 merupakan System-on-chip yang mengusung CPU Octa-core terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang memiliki clock spead 1,8 GHz. Di bagian pengolah grafis, chipset ini hadirkan tampilan grafis yang maksimal berkat dukungan dari GPU Mali-G52 2EEMC2.

Sokongan Helio G80 ini membuat pengalaman bermain gim di vivo Y20s G tergolong menarik. vivo sendiri mengklaim jika penggunaan chipset ini dapat menawarkan kemampuan daya 98% lebih besar, kualitas gambar lebih tinggi, dan kinerja lebih kuat dari seri terdahulunya, yakni vivo Y20 dan vivo Y20s.

vivo Y20s G hadir sebagai ponsel dengan kemampuan prosesor untuk mendukung berbagai hiburan dan gim. Selain itu, ponsel ini dilengkapi fitur Teknologi HyperEngine Game. Teknologi ini dapat menghadirkan manajemen dinamis pada CPU, GPU dan memori, sehingga performa ponsel lebih stabil.

Jika dibandingkan dengan vivo Y20 dan vivo Y20s, skor Antutu vivo Y20s Gtergolong tinggi. Ponsel vivo Y20 dan vivo Y20s memiliki skor Antutu 149.824 sementara vivo Y20s G memiliki skor 180.990. Itu artinya, performa Y20s G 20,8% lebih optimal.

Ponsel vivo Y20 dan vivo Y20s sendiri hadir dengan Qualcomm Snapdragon 460. Kedua ponsel pintar tersebut menggunakan teknologi fabrikasi 11 nano meter terdiri dari CPU Octa-core dengan konfigurasi 4 inti Kryo 240 Gold yang memiliki clock spead 1,8 GHz dan 4 inti Kyro 240 Silver yang berlari dengan kecepatan 1,6 GHz. Untuk pengolah grafisnya, hadir GPU Adreno 610.

2. Sokongan RAM dan St0rage Oke untuk Kelas Harganya

vivo Y20s G

Jika dibandingkan dengan  vivo Y20s yang punya RAM 8 GB, vivo Y20s G hanya punya RAM 4 GB. Namun, hal ini bukan masalah besar karena dengan RAM 4 GB, kemampuan ponsel masih tergolong mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi ringan secara bersamaan.

Yang patut diapresiasi, vivo Y20s G masih mempertahankan storage  128 GB yang tentunya bakal berguna untuk menyimpan data dan menginstal aplikasi. Selain itu, vivo Y20s G punya slot  tiga kartu yang mendukung ekspansi memori hingga 1TB, sehingga semua musik, film, foto, dan video kesayangan Anda tersimpan dengan mudah tanpa khawatir cepat kehabisan memori.

3. Layar yang Tergolong Lebar

vivo y20s layar

Pada ponsel vivo Y20s G memiliki dimensi dan spesifikasi layar yang sama dengan vivo Y20s.  Ponsel ini hadir dengan layar 6,51 inci yang berjalan pada aspek rasio 20:9. vivo sendiri mengklaim jika layar ponsel ini dapat menghasilkan kualitas warna yang lebih baik berkat tampilan yang dipadukan dengan teknologi In-Cell terbaru.

Se;ain itu, Ultra All Screen ini pun dapat melindungi mata penggunanya dari bahaya sinar biru berkat kehadiran mode Eye Protection. Melakukan scrolling di YouTube, bermain game, dan menonton drakor kesukaan kini bisa dilakukan dengan lebih lama tanpa membuat mata cepat lelah.

4. Baterai Tahan Lama

vivo y20 baterai

Satu hal yang perlu diapresiasi dari seri vivo Y20 series adalah kapasitas baterainya yang besar, termasuk vivo Y20s G. Seri ponsel ini hadirkan baterai  5.000 mAh yang menggunakan tipe baterai LiPo. Tipe baterai yang dipasang adalah abterai yang tidak bisa dilepas. Cukup standar untuk HP  Rp2 jutaan.

Dengan sokongan chipset Helio G80 dengan fabrikasi 12 nm, tentunnya Anda bisa memperhitungkan kalau vivo Y20s  Gtidak kalah saing dengan ponsel lain dalam hal ketahanan baterai, termasuk tipe ponsel dengan chipset, layar, dan bateria berkapasitas yang sama.

Terlebih, vivo hadirkan  dukungan teknologi AI yang bisa membuat baterainya bisa sangat irit. Bahkan, vivo mengklaim jika baterai ponsel ini bisa bertahan selama 20 jam saat menonton film HD, atau bermain gim yang butuh daya besar selama 8jam. Untuk pemakaian normal, umumnya baterai 5000 mAh pasti bisa bertahan dari pagi sampai malam.

5. Pemindai Sidik Jari dan Face Unlock Responsif

vivo y20s pemindai sidik jari

Saat ini, Anda dan sebagian besar pengguna ponsel memakai sistem keamanan tidak lagi mengetikkan kata kunci pada layar atau menorehkan pattern yang berbelit-belit Ponsel zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur lebih praktis yaitu sensor pemindai jari yang umumnya ada di bagian belakang ponsel ataupun di layar.

Namun, sensor sidik jari di layar hanya berlaku pada ponsel dengan panel AMOLED. Ponsel dengan panel IPS tidak memungkinkan menghadirkan sensor sidik jari di lyar.

Yang menarik, vivo Y20s G hadirkan sensor sidik jari di samping yang menyatu dengan tombol Power. Atau, bahasa kerennya: Side-Mounted Fingerprint. Kehadiran sensor sidik jari di samping ini dapat dengan mudah memakai ponsel karena orang terbiasa menekan  tombol Power saat menyalakan atau menghidupkan, terlepas dari apapun jenis HP-nya.

Ditambah lagi, pengguna tidak perlu meraba-raba jari ke punggung bodi untuk mengetahui lokasi pemindainya. Dan, tampilan belakang juga jadi terlihat lebih minimalistik tanpa adanya penampakkan sensor fingerprint.

Selain unggul di bagian lokasinya, ternyata side-mounted fingerprint scanner ini punya tingkatan responsivitas yang cepat. Ya, sensor ini dicanangkan dapat membuka kunci layar dalam waktu 0,22 detik saja! Belum sempat mengedip, tahu-tahu layar sudah terbuka.

Kalau misalnya jempol tangan sedang kotor, Anda juga tetap bisa membuka layar menggunakan sensor biometrik pengenal wajah alias Face Access. Fitur ini juga terbilang cukup cepat responnya.

6. Ada Fast dan Reverse Charging

vivo y20s fast charging

Hal lain yang patut diapresiasi adalah hadirnya teknologi FlashCharge 18W di ponsel ini. Dengan teknologi ini, vivo Y20s G dapat mengisi daya ponsel dari kondisi 0 persen sampai 70 persen dalam waktu 69 menit. Tentu saja untuk menikmati fitur ini, tidak perlu repot membeli charger pihak ketiga karena charger FlashCharge 18W sudah ada di kotak pembelian.

Selain itu, vivo Y20S G dibekali kemampuan pengecasan terbalik untuk mengisi daya ponsel lain. Itu artinya, ponsel ini memiliki kemampuan layaknya power bank.

7. Tampilan Bodi yang Memukau

vivo y20s desain bodi

Meski harganya berada di kisaran Rp2 jutaan, vivo Y20s G hadir dengan tampilan desain yang tidak murahan. Tampilan desain bodi ponsel ini dibekali dengan desain lengkungan 2,5D dan dirilis pada dua varian warna yang kece, yakni Purist Blue yang terinspirasi dari jernihnya air laut dan Obsidian Black yang terinspirasi dari kaca vulkanik yang elegan dengan tampilan sentuhan akhir yang layaknya permata.

Untuk bagian layarnya, ponsel ini hadirkan poni tetesan air, bukan kamera punch hole. Di belakangnya, modul kamera dibuat dalam bentuk persegi panjang yang terletak di pojok kiri atas. Ada tulisan merk vivo di bagian kiri bawah, dan bodinya menampilkan pantulan cahaya yang mencuat dari arah kamera.

Kekurangan vivo Y20s G

Sayang sekali, rupanya vivo Y20s  G punya beberapa kekurangan yang mungkin akan membuat konsumen beralih ke HP lain. Apa sajakah kekurangannya itu? Simak beberapa poin berikut ini.

1. Layar Belum Full HD Plus

vivo Y20s G

Layar vivo Y20s memang tergolong lebar. Sayangnya, menilik kelas harganya, ponsel ini tidak mengusung resolusi Full HD Plus yang kerap kali dihadirkan pada kebanyakan pesaingnya.Resolusi yang diusunya sendiri adalah HD Plus atau sebesar 720 x 1600 piksel. Sehingga saat dibandingkan dengan ponsel yang sudah FHD Plus, ketajamannya akan terlihat kurang baik.

Beberapa ponsel lain di kelas harga Rp2,5 jutaan, justru sudah hadirkan layar Full HD. Sebut saja seperti Redmi Note 9 dan POCO M3. Namun, karena masih ada ponsel lain di kelas harga Rp2 jutaan yang masih menawarkan resolusi HD, tentu hal yang wajar juga jika layar ponsel ini masih HD.

2. Tidak Pakai USB Tipe-C

vivo y20s microusb

Hal yang disayangkan dari vivo Y20s G adalah tidak ada peningkatan di bagian port.  Bagian ini serupa dengan pendahulunya yang masih memakai USB tipe-C yang notabene lebih cepat saat melakukan transfer data, dan juga lebih nyaman dipakai karena bentuk ujung kabelnya yang simetris. Beda halnya dengan microUSB yang masih dipakai vivo Y20s G, bentuk ujungnya trapesium dan mengharuskan Anda untuk mencocokkan ujung kabel dengan port agar sesuai.

3. Spesifikasi Kamera Kurang Bagus

vivo Y20s G

Seharusnya, vivo Y20s G hadirkan satu kamera tambahan yakni kamera ultrawide. Sayangnya, vivo Y20s g hanya hadir dengan tiga kamera utama yang spesifikasinya serupa dengan vivo Y20s. Ketiga kamera tersebut adalah  lensa utama sebesar 13 MP dengan apertur f/2.2. Sementara itu, dua lensa lainnya merupakan fungsi sensor makro 2 MP dan lensa kedalaman 2 MP.

Kamera depan pun tidak ada peningkatan, tetap kamera 8 MP. Tentu akan menarik jika ada empat kamera yang bakal membuat vivo Y20s G lebih menarik untuk dilirik.

Simpulan

Pada umumnya, vivo Y20s G ini bisa dibilang bukan peningkatan dari vivo Y20s. Harga vivo Y20s G hanya Rp2,5 jutaan, sementara vivo Y20s di atasnya atau mendekati Rp3 juta. Namun, dari sisi performa, vivo Y20s G tergolong unggul meski hanya dengan RAM 4 GB. Selebihnya, tidak ada yang terlalu spesial dari sisi peningkatan spesifikasi.

Bisa dibilang, vivo Y20s G ini solusi bagi yang butuh ponsel vivo dengan kemampuan bermain gim yang baik. Namun, ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau.