Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi pesan Telegram? Sebuah aplikasi pesan instan yang belakangan lagi naik daun lantaran menurut pengakuan pendirinya, Pavel Durov, mengatakan bahwa aplikasi Telegram besutannya telah diunduh lebih dari 500 juta pengguna aktif dan tercatat ada 25 juta pengguna baru hanya dalam 72 jam.

Bagi yang belum tahu dengan aplikasi Telegram, aplikasi ini adalah salah satu perangkat lunak layanan pengiriman pesan instan multiplatform berbasis cloud yang dapat dinikmati secara gratis dan non-profit. Telegram dapat digunakan oleh pengguna perangkat ponsel pintar dan perangkat komputer.

Pengguna dari aplikasi ini dapat mengirimkan pesan dan berbagi file mulai dari stiker, foto, video, audio, dan berbagai tipe format lainnya. Telegram menawarkan pengiriman pesan bersistem enkripsi ujung-ke-ujung, maksudnya pesan hanya dapat dibaca oleh pengguna yang sedang berkomunikasi.

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi pesan  instan ini, begitupun tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan dari Telegram. Nah, pada kesempatan ini Carisinyal akan mengajak kamu untuk mengurai kelebihan dan kekurangan dari aplikasi pesan Telegram. Penasaran apa saja? Yuk, simak uraiannya di bawah ini!

Kelebihan Aplikasi Telegram

Masih ragu untuk memasang Telegram? Inilah beberapa kelebihan dari aplikasi pesan instan tersebut yang bisa kamu nikmati saat menjalankannya:

1. Ukuran Pengiriman File

2. Telegram

*Sumber: Bloomberg.com

Dengan ukuran maksimal berkas pengiriman tersebut kamu bisa membagikan film, serial, atau video yang memiliki size besar. Tentunya hal ini berbeda dengan aplikasi pesan pada umumnya yang biasanya hanya mampu mengirim berkas dengan ukuran maksimal 100 MB. Tidak heran banyak yang menyarankan untuk menggunakan Telegram jika ingin berbagai file yang berukuran raksasa.

2. Menyuguhkan File Asli / Kompresi

6. Telegram

*Sumber: voi.id

Terkadang kamu ingin mendapatkan file gambar dengan ukuran asli, namun terkadang kamu membutuhkan gambar yang sudah dikompres karena memori yang tidak cukup. Tenang! Telegram bisa menjadi solusi untuk permasalahan ini. Aplikasi pesan instan tersebut menyuguhkan pilihan dalam mengirimkan berkas dengan ukuran asli atau telah dikompresi.

Keunggulan ini tentunya jarang kamu temukan di aplikasi pesan instan lain, yang umumnya gambar yang dikirim secara otomatis kualitas foto, resolusi, dan ukuran foto akan menyusut. Dengan Telegram, kamu tidak perlu menggunakan fitur dokumen untuk mengirimkan file dengan memiliki ukuran original. Tinggal seret ke kolom percakapan, Telegram akan memberikan opsi untukmu file asli atau kompresi yang ingin dikirim.

3. Akses Aplikasi yang Mudah

4. Telegram

*Sumber: dignited.com

Setiap orang tentunya pernah mengalami lupa membawa ponsel pintar, padahal saat itu tengah melakukan percakapan yang krusial lewat aplikasi pesan instan. Namun, hal itu tidak akan pernah terjadi jika kamu menggunakan aplikasi Telegram. Aplikasi pesan instan ini memungkinkanmu untuk tetap bisa menjalin komunikasi dengan membuka Telegram di perangkat komputer atau laptop. Memang bedanya apa dengan aplikasi pesan instan lain?

Jika aplikasi pesan instan lain baru bisa berjalan dan melakukan percakapan pada perangkat komputer atau laptop kalau aplikasi pesan instan tersebut dalam kondisi aktif di ponsel pintar. Berbeda dengan Telegram, kamu bisa menggunakan aplikasi ini di komputer atau laptop dalam situasi apapun. Jadi, kalau ponsel pintarmu tertinggal atau mati karena habis baterai maka kamu masih bisa membuka Telegram.

4. Lebih Tertata dengan Hashtag

Telegram 7

*Sumber: thejakartapost.com

Siapa yang tidak tahu hashtag “#”? Tanda yang biasanya sering ditemukan di postingan media sosial ini ternyata bisa kamu temukan di aplikasi pesan Telegram, lho! Kegunaan dari tanda tagar di Telegram ini masih memiliki fungsi yang sama yaitu untuk pengelompokan konten.

Melalui hashtag, kamu akan mendapatkan kemudahan untuk menemukan suatu file/berkas atau chat yang telah tenggelam sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencarinya secara manual. Tidak hanya itu, mungkin Telegram bisa dibilang pas bagi kamu yang suka hal yang rapi karena dengan fitur hashtag ini bisa membuat grup chat menjadi lebih terstruktur.

5. Menghadirkan Fitur Channel dan Bot

Telegram Bot

*Sumber: code.tustplus.com

Fitur Channel, fitur yang tidak kalah keren dan bisa kamu temukan di aplikasi Telegram. Tujuan dari fitur ini sama halnya dengan grup chat tidak lain untuk berkomunikasi dengan banyak anggota. Akan tetapi anggota atau pengikut channel tidak dapat merespon yang kamu kirim alias komunikasi satu arah, fitur saluran ini bak radio yang berbentuk tulisan.

Kapasitas channel mempunyai jumlah yang besar, sehingga fitur sinyal di Telegram acapkali dimanfaatkan para penjual online shop untuk menjajakan dan mempromosikan barang dagangannya. Kamu juga bisa mencari berbagai channel yang sesuai dengan minat kamu di kolom pencarian.

Selanjutnya, Telegram juga mempunyai fitur bot. Fitur tersebut seperti akun namun dioperasikan dengan perangkat lunak bertenaga kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), yang mampu melakukan apapun mulai dari mengunduh musik, gim, kamus, broadcasting, dan lain sebagainya.

6. Jumlah Anggota Banyak

Group Telegram

*Sumber: chrome.google.com

Keunggulan lain yang bisa kamu temukan saat menjelajahi aplikasi Telegram yaitu kamu dapat menemukan sebuah grup dengan jumlah anggota yang lebih dari 500 orang. Yah, biasanya sebuah aplikasi pesan instan hanya mampu memuat anggota kurang dari 500 saja akan tetapi ini berbeda pada Telegram yang bisa mengundang anggota baru hingga 30.000 orang.

Dengan demikian, Telegram cocok digunakan sebagai wadah untuk membuat grup chat dengan member yang banyak misalnya grup alumni sekolah, grup fans idola Internasional, dan lain-lain. Apakah kamu pernah masuk grup Telegram dengan anggota hingga 30.000?

7. Memori Penyimpanan Besar

5. Telegram Cloud

*Sumber: wisefx.id

Telegram memiliki memori penyimpanan besar berbasis cloud, hal ini tentunya dapat menghemat memoti internal ponsel pintar penggunanya. Semua riwayat percakapan ataupun pengiriman file media akan terinput secara otomatis di cloud. Berbeda dengan aplikasi pesan instan lain yang menggunakan memori internal ponsel pintar untuk menyimpan percakapan atau file.

Berkat memori penyimpanan berbasis awan ini, Telegram mampu menyuguhkan proses pengiriman pesan sangat mudah dan secepat kilat. Kamu bahkan masih bisa mengirimkan pesan atau file di Telegram ketika jaringan internet pada ponsel pintarmu tiba-tiba menjadi Edge, yang biasanya lemot.

Kekurangan Aplikasi Telegram

Kendati Telegram memiliki banyak kelebihan, tetap saja aplikasi pesan ini tetap mempunyai kekurangan. Apa saja kekurangannya? Berikut pemaparannya untukmu:

1. Tidak Bisa Update Status

Using Telegram

*Sumber: teknologi.id

Tidak seperti aplikasi pesan instan lain yang dapat menggunggah status, di aplikasi Telegram kamu tidak dapat melakukan hal yang sama seperti berbagai curahan isi hati ke orang lain atau daftar kontak. Dalam hal ini Telegram minus dalam segi sosial atau berbaur yang tidak bisa dimiliki oleh para penggunanya.

Bagi sebagian orang mungkin Telegram agak membosankan. Jadi bagi kamu yang sedang mencari aplikasi pesan instan yang bisa menebarkan curahan isi hati maka Telegram bukanlah jawabannya, kamu bisa menggunakan Line atau WhatsApp. Bisa dikatakan kalau Telegram tampak sebagai wadah untuk aktivitas atau bisnis yang serius.

2. Grup Video Call Tidak Tersedia

telegram video

*Sumber: slashgear.com

Di era pandemik ini menuntut semua orang sebaiknya melakukan kegiatan di rumah saja mulai dari rapat, seminar, dan sejenisnya. Untungnya, kini ada aplikasi pesan instan yang memiliki fitur grup video call seperti WhatsApp yang katanya sudah bisa melakukan grup video call lebih dari empat orang, sayangnya ini tidak berlaku pada Telegram.

Aplikasi yang bisa dinikmati secara gratis ini ternyata tidak dapat melakukan grup video call seperti aplikasi pesan instan yang lain. Telegram hanya mampu melakukan video call secara personal dengan maksimal dua orang pengguna saja. Jadi, jika kamu adalah orang yang sering melakukan rapat atau diskusi dengan banyak orang sepertinya kamu harus mencari perangkat lunak video call yang dapat menampung banyak orang.

3. Banjir Obrolan dari Grup

Chat Telegram

*Sumber: Zdnet.com

Untuk kamu yang sering ketinggalan info di sebuah grup chat yang tanpa disadari telah memiliki ratusan bahkan ribuan pesan, mungkin akan malas untuk membaca dari awal atau scrolling. Terlebih jika kamu masuk di sebuah grup yang berjumlah ribuan di Telegram, jelas kamu akan kebanjiran chat.

Memang kelebihan Telegram dapat menampung banyak anggota di sebuah grup, tapi di sisi lain hal ini justru bisa menjadi kekurangannya yaitu tidak dapat melacak percakapan-percakapan yang dikirim dari banyaknya anggota di grup. Meski ada fitur hashtag atau kolom pencarian, setidaknya kamu akan membutuhkan waktu lebih untuk mencari kata kunci atau konten dari sebuah percakapan yang ingin kamu cari.

4. Tidak Dapat Melakukan Enkripsi

Telegram Enskripsi

*Sumber: medium.com

Ketidakmampuan dalam melakukan enkripsi dapat dibilang menjadi kelemahan bagi Telegram. Aplikasi pesan instan ini menggunakan enkripsi garapan mereka sendiri yang disebut MTProto, pengguna tidak mempunyai akses sistem enkripsi MTProto tersebut karena tidak open source dan hanya tim Telegram yang mengetahuinya.

Tidak hanya itu, jika ada chat yang berkeliaran di Telegram termasuk data atau percakapan yang disimpan dengan fitur Secret Chat (riwayat percakapan, gambar, dan lainnya dapat dihilangkan tanpa jejak) maka data tersebut masih tersimpan pada server  mereka. Namun, sejauh ini belum ada kasus sistem keamanan Telegram mengalami kebocoran.

5. Tidak ada Fitur Story

Telegram Desain

*Sumber: yourstory.com

Kini banyak aplikasi pesan instan dan media sosial yang dilengkapi dengan fitur story seperti Instagram, Twitter, Line, dan WhatsApp. Sayangnya fitur ini tidak bisa kamu temukan di aplikasi Telegram, hal ini tatkala menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi pesan instan ini.

Dengan tidak adanya fitur Story di Telegram, ini membuatmu tidak dapat membagikan atau mengunggah momen lewat foto, video, audio, bahkan gambar yang berisi kata-kata atau quote. Poin ini sama halnya dengan kasus kalau Telegram tida bisa update status.

Demikianlah beberapa uraian kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Telegram yang saat ini tengah booming. Bagaimana apakah berminat untuk memilikinya atau kamu sudah menjalankan aplikasi ini? Bagi kamu yang sedang mencari informasi lain seputar teknologi terbaru bisa pantau terus portal Carisinyal, yah! Dijamin akan memberikan kamu manfaat dan pengetahuan.