Selepas tercetusnya Samsung Galaxy A12 ke publik pada Desember 2020, Samsung dikabarkan akan merilis perangkat baru bernama Samsung Galaxy M12. Meski kedua ponsel ini sama-sama diikuti oleh akhiran 12, tetapi keduanya berada dinaungan seri yang berbeda yakni seri A dan seri M.

Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 memiliki persamaan dari aspek fotografi, keduanya dibekali lensa kamera belakang dengan jumlah empat berkonfigurasi 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP dan satu lensa depan yang berada di notch tengah atas layar berukuran 8 MP.

Kedua ponsel Samsung tersebut juga dibalutkan dengan layar sentuh kapasitif PLS TFT LCD berukuran 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Baik Samsung Galaxy A12 atau Samsung Galaxy M12 dibungkus dengan material kaca untuk area depan dan plastik untuk bagian kerangka dan cangkang. Untuk lebih dekat dengan kedua perangkat ini sebaiknya kamu menyelami spesifikasinya di bawah ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

  • Rilis: Desember, 2020
  • Layar: Layar sentuh kapasitif PLS TFT LCD, 6,5 inci
  • Chipset: Mediatek Helio P35
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Samsung Galaxy M12

Layar M12
  • Rilis: Februari, 2021
  • Layar: Layar sentuh PLS TFT LCD, 6,5 inci
  • Chipset: Exynos 850 (8nm)
  • GPU: Mali-G52
  • RAM: 3 GB, 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 6000 mAh tidak dapat dilepas

Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12

Setelah kamu mengkaji spesifikasi dari kedua ponsel Samsung di atas, tentunya sudah mulai terlihat sisi perbedaan antara Samsung Galaxy A12 dengan Samsung Galaxy M12. Salah satu yang menonjol yaitu perbedaan pada kapasitas baterai, untuk perbedaan lainnya berikut pemaparannya:

1. Selisih Bobot yang Jauh

1. M12 Bodi

Soal tampilan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A12 terlihat mirip satu sama lain, mulai dari peletakan kamera depan dan kamera belakang hingga material yang digunakan untuk menyelimuti perangkat.

Namun, pada aspek dimensi bodi kedua perangkat ini mempunyai sedikit perbedaan, dengan ukuran 164 x 75.8 x 8.9 mm membuat Samsung Galaxy A12 sedikit lebih kecil dibandingkan Samsung Galaxy M12 yang berdimensi 164 x 75.9 x 9.7 mm.

Selain itu, perbedaan Samsung Galaxy A12 dengan Samsung Galaxy M12 pada aspek bodi dapat dirasakan dalam beratnya. Dilahirkan dengan 221 gram membuat Samsung Galaxy M12 lebih berat daripada Samsung Galaxy A12 yang memiliki bobot badan 205 gram, dengan kata lain Samsung Galaxy A12 jauh lebih enteng 16 gram saat digenggam.

2. “Gap” pada Kerapatan Piksel Layar

2. M12 Kerapatan Piksel

Seperti yang kamu lihat pada daftar spesifikasi di atas, Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 memiliki layar bertipe PLS IPS. Salah satu cara untuk membedakan kedua perangkat ini yaitu bisa ditilik dari ukuran layar-ke-bodi dan ketajaman layarnya.

Ukuran layar-ke-bodi Samsung Galaxy A12 berukuran lebih besar ~85,8% daripada Samsung Galaxy M12 yang dirancang ~81,9%, ini berarti pengguna Samsung Galaxy A12 bisa lebih leluasa menjelajahi layar.

Beralih ke katajaman layar, jaraknya tidak terlalu jauh hanya terpaut ~4 density saja. Di sini Samsung Galaxy M12 juara dengan kerapatan piksel ~270 ppi, kualitas gambar yang dipersembahkan oleh layar lebih tajam. Sementara, Samsung Galaxy A12 hanya memiliki ketajaman layar ~264 ppi, kualitas gambar yang dihasilkan layar mungkin tidak sebaik miliki Samsung Galaxy M12.

3. Petarungan Antar-Prosesor

3. Samsung Exynos 850

Pada aspek satu ini perbedaan dari Samsung Galaxy A12 dengan Samsung Galaxy M12 terpampang nyata, pasalnya keduanya memiliki “kuda” yang berbeda. Samsung Galaxy A12 dikudai dengan sistem operasi Android 10 dengan pakan Helio P35 dari Mediatek.

Sementara, Samsung Galaxy M12 mendapatkan asupan dari Samsung sendiri yakni Exynos 850 dengan sistem operasi yang ditingkatkan ke versi Android 11 dan didukung dengan antarmuka One UI 3.0, menyuguhkan tampilan sederhana dan dapat menambahkan widget cukup dengan menekan lama ikon aplikasi, lalu memilih widget yang disukai.

Untuk CPU-nya sendiri, Samsung Galaxy A12 dibekali dengan Octa-core berukuran 2,35 GHz berjumlah empat buah dan 1,8 GHz sebanyak empat buah. Sedangkan, pada Samsung Galaxy M12 disusupi dengan Octa-core berukuran 2,0 GHz sebanyak empat inti dan 2,0 GHz yang berjumlah empat inti.

Pada Unit Pemrosesan Grafis, Samsung Galaxy A12 berada di bawah PowerVR GE8320 dan untuk Samsung Galaxy M12 membawa Mali-G52. Secara keseluruhan, setelah melihat spesifikasi di aspek hardware kalau Samsung Galaxy M12 memiliki kinerja yang lebih cepat dibandingkan performa yang dihasilkan Samsung Galaxy A12.

4. Kapasitas Baterai yang Kentara

samsung galaxy a12 baterai

Sama-sama didukung dengan teknologi pengisian cepat 15W, kedua ponsel ini ternyata membawa kapasitas baterai yang berbeda. Daya baterai yang ditanamkan pada Samsung Galaxy A12 yaitu berkapasitas 5000 mAh, sedangkan Samsung Galaxy M12 berdaya 6000 mAh.

Dengan demikian pada sektor sumber daya baterai, Samsung Galaxy M12 mutlak juara. Ponsel ini mengklaim, kalau baterai yang dibawanya bila terisi penuh mampu bertahan selama 23 jam untuk penggunaan pemutaran video dan seharian untuk berselancar di internet.

5. Konektivitas, Harga, dan Warna

5. Samsung NFC (2)

Adapun perbedaan lain yang harus kamu ketahui, jika berencana untuk memiliki dari salah satu perangkat Samsung ini. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat perbedaan dari aspek konektivitas, ruang penyimpanan dan RAM, fitur sensor, warna, dan harga.

Bila kamu mencari kemudahan dalam proses transaksi, maka Samsung Galaxy A12 bisa menjadi jawabannya karena telah didukung dengan teknologi NFC (Near Field Communication). Fitur ini mendukung aplikasi pembayaran digital secara contactless atau nirkontak. Sayangnya, fitur NFC tidak disematkan juga pada Samsung Galaxy M12.

Perihal RAM dan ruang penyimpanan sebenarnya, kedua ponsel ini menawarkan berbagai jenis kombinasi. Akan tetapi kombinasi yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A12 lebih banyak daripada Samsung Galaxy M12. Jika, dijabarkan Samsung Galaxy A12 memiliki empat varian mulai dari 32/3 GB, 64/4 GB, 128/4 GB, dan 128/6 GB. Sedangkan, Samsung Galaxy M12 menawarkan lebih sedikit kombinasi 32/3 GB, 64/4 GB, dan 128/6 GB.

Di aspek sejujurnya Samsung Galaxy A12 sudah sempurna dengan kepemilikan sensor sidik jari di sisi bingkai dan sensor akselerometer yang mampu mengukur kecepatan suatu benda. Naas, tidak dilengkapi dengan sensor proximity seperti halnya Samsung Galaxy M12, yang berguna sebagai pengaman layar sentuh dari sentuhan yang  tidak sengaja.

Untuk perihal corak Samsung Galaxy A12 hadir dengan banyak warna mulai dari hitam, putih, biru, dan merah. Sementara, Samsung Galaxy M12 hanya menyajikan varian warna abu-abu, hijau, dan biru.

Terakhir yang kamu tunggu yakni perbedaan harga, bagi kamu yang berminat membeli Samsung Galaxy A12 bisa menyiapkan dana sekitar Rp2,4jutaan. Untuk Samsung Galaxy M12 dikarenakan belum rilis ke pasaran belum diketahui secara pasti berapa harga jualnya. Namun, dilansir dari 91 Mobiles kalau Samsung Galaxy M12 diprediksi dipatok sebesar Rp2 jutaan.

Simpulan

Yuk, kita cari benang merah dari pembahasan perbedaan Samsung Galaxy A12 dengan Samsung Galaxy M12! Dari pemaparan di atas bahwa Samsung Galaxy A12 berhasil menjuarai di sektor bodi yang enteng, ukuran layar-ke-bodi yang luas, pilihan RAM dan ruang penyimpanan yang banyak, beragamnya suguhan warna, dan telah memiliki teknologi NFC.

Sedangkan, untuk Samsung Galaxy M12 menyabet kawasan kerapatan piksel yang lebih tinggi, ukuran bodi yang sedikit besar, performa prosesor dan sistem operasi yang lebih canggih, kepemilikan sensor proximity, dan tidak ketinggalan kapasitas baterai yang jumbo. Untuk harga, tidak menutup kemungkinan akan sedikit murah dari Samsung Galaxy A12.

Setelah mengetahui perbedaan dari kedua ponsel Samsung ini di atas, apakah kamu sudah menentukan mau beli yang mana? Coba beri komentar di kolom komentar, Carisinyal ingin tahu alasan kamu memilih Samsung Galaxy A12 atau Samsung Galaxy M12! Terus ikuti Carisinyal dan media sosial kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia ponsel pintar lainnya.